Punya cita-cita menjadi PNS? Ini dia 7 Sekolah kedinasan di Indonesia

01 Feb 2019

Halo guys... Ngga terasa waktu kelulusan SMA/K sebentar lagi nih, kamu udah menentukan ingin kuliah dimana belum? Coba sekolah kedinasan yuk..  Sekolah dinas, atau biasa disebut dengan Sekolah tinggi kedinasan ini, merupakan sekolah yang diselenggarakan oleh negara yang bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengisi posisi khusus di setiap departemen di negara Indonesia.

Perlu kamu tau bahwa sekolah-sekolah ikatan dinas ini memberikan fasilitas pendidikan beasiswa penuh, bahkan jika kamu lulus tes dan diterima di sekolah atau perguruan tinggi ikatan dinas, kamu akan mendapatkan uang saku untuk biaya hidup (enak banget ya, hehe..). Selain itu, prospek kerja dari lulusan sekolah ini dapat langsung bekerja di kantor pemerintahan lho, namanya juga ikatan dinas, maka secara otomatis kamu bisa mendapat pekerjaan dari negara, dan bisa dibilang kamu bagian dari PNS. Nah agar hidup mu berguna bagi nusa dan bangsa, simak yuk 7 sekolah kedinasan di indonesia..

 

1. PKN STAN ( Politeknik keuangan negeri STAN)

(image:id.wikipedia.org)

PKN STAN adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Kampus utama PKN STAN berada di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten.

Program studi yang berada di PKN STAN antara lain :

  1. Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  2. Program Studi Diploma I / III Pajak
  3. Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  5. Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  6. Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Mau tau info lebih lanjut? Bisa klik www.pknstan.ac.id

 

2. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

(image:androidappsapk.co)

STMKG adalah sekolah tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kamu suka akan dunia geografi dan fisika serta tentang planet, bumi dan alam semesta? STMKG jawabannya. Kampus ini berada di Jl. Perhubungan I No. 5, Pondok betung, Tangerang Selatan, Kota Tangerang Selatan. Banten.

Program Studi yang berada di STMKG antara lain :

  1. Program Studi Diploma IV Meteorologi
  2. Program Studi Diploma IV Klimatologi
  3. Program Studi Diploma IV Geofisika
  4. Program Studi Diploma IV Instrumentasi

Ya yang punya cita-cita ingin jadi astronot? Dan Ingin bekerja dan berkecimpung di dunia geofisika tentang bumi, planet, dan alam semesta, tidak salah lagi, inilah sekolah tinggi kedinasan beasiswa penuh yang harus kamu tuju. Mau tau info lebih lanjut? Bisa klik www.stmkg.ac.id

 

3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

(image:dyahpembayun.blogspot.com)

STSN adalah Sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. STSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. STSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang siber dan sandi yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara, yang berada Jl. Raya H. Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jakarta Barat.

Program Studi STSN antara lain :

  1. Program Studi Diploma IV Manajemen Persandian
  2. Program Studi Diploma IV Teknik Persandian
  • Teknik Kripto
  • Teknik rancang bangun peralatan sandi

 

STSN mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas. Jika berminat kuliah di STSN, bisa langsung cek informasinya di www.stsn-nci.ac.id

 

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

(image:id.wikipedia.org)

Buat kalian yang suka sama film-film aksi seperti Mission Imposible atau film aksi lainnya yang berkaitan dengan yang namanya mata-mata atau intelijen, sekolah tinggi kedinasan STIN adalah tempatnya. Sekolah tinggi kedinasan STIN berada dibawah naungan Badan Intelijen Negara. Sekolah yang masuk dalam jenis perguruan tinggi kedinasan ini berada di Sumur Batu, Babakan Madang, Sumur Batu, Bogor, Jawa Barat.

Program Studi STIN antara lain :

  1. Program Studi Strata 1 Agen Intelijen
  2. Program Studi Strata 1 Analisis Inteligen

Sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga merupakan sekolah tinggi kedinasan yang bisa langsung kerja jika sudah lulus pendidikan. Menggiurkan bukan? Langsung cari aja infonya di www.stin.ac.id

 

5. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

(image:mamikos.com)

STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Lokasi STIS ini berada di, Jl. Otto Iskandardinata, No. 64C, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Program Studi STIS antara lain :

  1. Program Studi Diploma III Statistika
  2. Program Studi Diploma IV Statistika
  3. Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik

Nah kamu tertarik dengan STIS? Bisa klik www.stis.ac.id

 

6. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

(image:id.wikipedia.org)

STPI Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. STPI Curug terletak di Jl. Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Legok, Tangerang, Banten.

 

Program Studi STPI antara lain :

  1. Program Studi Diploma II Penerbangan
  • Penerbangan sayap tetap
  • Penerbangan sayap putar
  • Flight Operation Officer (FOO)/ Operasi Pesawat Udara
  1. Program Studi Diploma III Teknik Penerbangan
  • Teknik Pesawat Udara
  • Teknik Telekomunikasi dan Navigasi udara
  • Teknik listrik bandar udara
  • Teknik bangunan dan landasan
  1. Program Studi Diploma III Keselamatan Penerbangan
  • Pemandu lalu lintas udara
  • Penerbangan aeronautika
  • Komunikasi penerbangan
  • Pertolongan kecelakaan penerbangan
  1. Program Studi Diploma III Manajemen Penerbangan
  • Operasi Bandar Udara
  • Administrasi perhubungan udara
  • Manajemen Transportasi Udara

 

STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional. Pas banget nih, buat kalian yang ingin jadi pilot, mau tau informasinya lebih lanjut? Klik aja www.stpi.ac.id

 

7. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

(image:pendaftaranonline.web.id)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. STTD memiliki tugas sebagai salah satu UPT dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan,  STTD mempunyai tugas menyelenggarakan  program pendidikan profesional di bidang transportasi darat.

Program studi STTD antara lain :

  1. Program Diploma IV Transportasi Darat
  2. Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  3. Program Diploma III Perkeretaapian
  4. Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan)
  5. Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor)

STTD ini berlokasi di, Jl. Raya Setu No. 89 Bekasi, kalau mau tau informasinya lebih lanjut bisa langsung klik www.sttd.ac.id

 

Gimana guys? Tergoda nggak dengan penawaran menggiurkan untuk jadi PNS? Perbanyak usaha ya kalau kamu ingin. Misalnya kamu tertarik jadi akuntan, kamu harusnya masuk ke PKN STAN dong, ya. Nah, maksimalkan usaha kamu dan barengi dengan tempa potensi kamu di Bimbel ENS PKN STAN terbaik, kamu akan diajarkan dengan pengajar yang kompeten dan profesional lho, makanya ayo kejar cita-citamu se-dini mungkin! Agar lulus test SPMB dengan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba..

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Ayu Desra Y

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019