ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Sering Lupa setelah Belajar? 6 Makanan ini Bisa Meningkatkan Daya Ingat Otak Lho!

Published at 01 Jul 2019 16:42

Pernah nggak sih, saat kamu udah capek-capek belajar dan udah usaha banget terus materi yang udah kamu hafal tiba-tiba buyar alias lupa? Hampir Sebagian besar diantara kamu pernah ngerasain itu… apalagi waktu-waktu mendekati SPMB, hehehe.

Daya ingat yang melemah itu disebabkan sama beberapa faktor, salah satunya karena kamu belum mengonsumsi makanan yang seimbang yang dibutuhkan oleh otak kamu. Hmmmm… kira-kira apa aja ya makanan yang dibutuhkan oleh otak biar daya ingatnya meningkat? Yuk langsung aja kepo-in artikel dibawah ini!

 

1. Gandum Utuh

 


(Image Source: https://food.detik.com/info-kuliner/d-3351785/ini-pentingnya-konsumsi-sarapan-tinggi-serat-dari-gandum-utuh)

Meskipun rasanya hambar, dan nggak banyak orang suka, ternyata gandum utuh memiliki banyak manfaat lho kawan ENS! Salah satunya untuk menghasilkan energi. “Lho kok jadi energi kak?”

Begini, kalau kebutuhan energi kita terpenuhi otomatis berpengaruh ke otak juga, jadi kalau persediaan energi kamu memadai, kemampuan otak kamu akan meningkat dan kamu jadi lebih konsentrasi deh! Hehehe.

 

2. Minyak Ikan

 

(Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/health-yellow-lifestyle-pharmacy-treatment_1091261.htm)

Pasti kamu udah pada tau deh kalau minyak ikan buat otak itu bener-bener legendaris banget! Tapi kenapa ya bisa legendaris? Jadi gini, asam lemak esensial (EFAs) itu nggak bisa dihasilkan oleh tubuh, jadi harus diperoleh melalui makanan terlebih dahulu.

Nah, kandungan lemak Omega-3 ini yang paling efektif dihasilkan secara alami, pada minyak ikan bentuknya EPA dan DHA. Lemak ini bermanfaat banget untuk kesehatan otak kamu lho…

 

3. Telur

 


(Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/nest-with-chicken-eggs_1757678.htm)

Siapa di sini yang nggak suka telur? Makanan yang kamu makan sehari-hari saat sarapan ternyata berperan penting untuk meningkatkan kemampuan otak.

Kenapa? Karena telur mengandung vitamin B yang dapat mengurangi kadar senyawa yang disebut homosistein dalam darah. Semakin tinggi kadar homosistein maka semakin tinggi juga resiko penyakit stroke, dan alzheimer. Jadi kalau kamu mengonsumsi telur, kamu akan terhindari dari penyakit lupa.

 

4. Brokoli

 

(Image Source: 
https://www.freepik.com/free-photo/fresh-green-broccoli-white-background_1188312.htm)

Sayuran yang satu ini juga membantu meningkatkan kemampuan otak. Brokoli mengandung sumber vitamin K yang luar biasa lho…

Selain itu, sayuran ini juga mengandung senyawa yang kita butuhkan agar sistem saraf pusat bisa bekerja secara baik, dan untuk menjaga agar otak dan daya ingat kita tetap tajam.

 

5. Kacang-kacangan

 


(Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/assorted-nuts-around-board_2278045.htm)

Berdasarkan studi dari Loma Linda University di California, Amerika Serikat, mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari nggak hanya meningkatkan kognisi dan ingatan aja lho. Tapi juga dapat melindungi jantung kamu dan memperlambat proses penuaan. Udah daya otak menjadi meningkat, awet muda juga, lumayan banget ‘kan? Hehehe.

 

6. Ikan Salmon

 


(Image Source: https://www.freepik.com/free-photo/raw-salmon-fish-vintage-pan_3239070.htm)

Hayo siapa yang sering makan sushi di sini? Buat kamu yang sering makan sushi pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya ikan salmon.

Selain rasanya memang enak, ikan salmon juga memiliki manfaat yang penting lho untuk otak. Salmon memiliki kandungan DHA dan asam lemak Omega-3 yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak.

 

So, itulah ke-6 makanan yang bisa meningkatkan daya ingat otak, kamu bisa coba cara ini di rumah ya…

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu! ^_^

Atau bisa juga kamu komen dibawah ini makanan selain di atas yang menurutmu bisa ningkatin daya ingat….

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article