ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Simak Daftar Jurusan yang Ada di Kampus IPDN!

Published at 30 Aug 2021 15:50

Halo, Kawan ENS!

Apa kabar?

Buat teman-teman pejuang kampus IPDN, udah pada tau belum sih gambaran kampus IPDN dan jurusannya?

Kalau belom pada tau yuk langsung aja simak baik-baik penjelasannya di sini ya!

IPDN selalu menjadi pilihan utama bagi siswa SMA/SMK kelas 12 yang ingin meneruskan ke pendidikan tinggi. IPDN sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi kedinasan yang berada langsung di bawah naungan kementerian dalam negeri yang dulunya sangat populer dengan kampus STPDN. STPDN lalu berubah dan berganti nama menjadi sebuah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Tujuan dibentuknya IPDN adalah mempersiapkan kader pemerintahan yang disiplin dan berjiwa pemimpin, baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat. Sering disebut sebagai sekolah pamong, IPDN memang mengajarkan peserta didiknya untuk menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang kompeten dalam pelayanan kepada masyarakat.

Secara sederhana, sekolah pamong bisa diartikan sebagai sekolah yang melahirkan para pemimpin. Oleh karena itu, Praja IPDN juga dituntut untuk berperan serta dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Daftar Jurusan/Program Studi IPDN

Ada beberapa jurusan di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), terdapat 2 jenjang terdapat dua jenjang pendidikan yang ditawarkan, yakni pendidikan Diploma IV dan Strata 1. Berikut jurusan yang terdapat di IPDN:

 

1. Fakultas Politik Pemerintahan

S1 Program Studi Kebijakan Pemerintahan

D4 Program Studi Politik Pemerintahan

D4 Program Studi Pembangunan dan Pemberdayaan

 

2. Fakultas Manajemen Pemerintahan

S1 Program Studi Manajemen Pemerintahan

S1 Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

S1 Program Studi Manajemen Keuangan

S1 Program Studi Manajemen Pembangunan

D4 Program Studi Keuangan Daerah

D4 Program Studi Adm. Kependudukan dan Catatan Sipil

D4 Program Studi Manajemen Sumber Daya Aparatur

 

3. Fakultas Hukum Tata Pemerintahan

D4 Program Studi Kependudukan dan Catatan Sipil

D4 Program Studi Praktik Perpolisian Tata Pamong

D4 Program Studi Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publi

Perlu kamu ketahui juga nih, Kawan ENS! Tentang jurusan di IPDN, seorang Capra tidak dapat menentukan sendiri program studinya, akan tetapi mereka ditentukan oleh kampus karena memang selain ditentukan para Capra yang berkuliah atau akan menjalani kuliah mereka akan ditempatkan di beberapa kampus cabang IPDN dari Jatinangor mulai dari kampus yang berada di Riau sampai ujung timur Indonesia yaitu Kampus IPDN Jayapura.

Pendaftaran IPDN tidak dipungut biaya apapun, kamu tidak akan dikenakan biaya kuliah karena kamu  akan mendapatkan keuntungan sebagai Capra seperti makan 3 kali sehari gratis, asrama atau tempat tinggal, akomodasi dan lainnya.

Kira-kira program studi mana nih yang cukup menarik minat kamu? buat kamu yang mempunyai keinginan kuliah di IPDN cari tau informasi sebanyak mungkin ya! Jangan lupa persiapkan diri kamu untuk daftar kuliah di IPDN.

Selamat Berjuang ^_^  

 

Penulis: Lafa Zidan

Editor: Sarah Farhana

Related Article