ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Awas Gigi Bolong! Cek Gigi Kamu Sebelum Masuk Sekolah Kedinasan!

Published at 22 Nov 2021 15:59

Cek Gigi Kamu Sebelum Masuk Sekolah Kedinasan!

 

Halo, G-ENS!

Apa Kabar?

Bagi kamu yang ingin masuk ke Sekolah Kedinasan, kamu harus mempunyai persiapan yang mateng ya! Karena nanti kamu akan menghadapi berbagai seleksi salah satunya adalah Tes Kesehatan. Pasti kalian bertanya-tanya apa aja sih nanti yang akan diperiksa? Dalam tes kesehatan, salah satunya yang akan diperiksa yaitu kesehatan gigi kamu.

Eitss, enggak perlu panik kok! Minens akan memberi tau kamu apa aja harus kamu persiapkan untuk menjaga gigi kamu agar tetap sehat, simak penjelasan berikut ini!


Hal-hal umum dalam kesehatan gigi dan mulut yang harus kamu ketahui, antara lain:

  1. Kebersihan rongga mulut,
  2. Ada-tidaknya karang gigi, dan
  3. Ada-tidaknya gigi yang berlubang atau yang harus ditambal.

Secara umum, gigi harus bersih, berfungsi baik, rapi, dan berpenampilan menarik. Gigi dan mulut yang bersih adalah syarat penting karena berhubungan langsung dengan sikap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Karang gigi merupakan masalah yang sangat mengganggu, bahkan jika kamu tidak mau tes Sekolah Kedinasan. Adanya karang gigi membuat mulut menjadi bau (halitosis), radang gusi (gingivitis), dan radang atau kerusakan jaringan pendukung gigi (periodontitis).

Radang gusi membuat gusi menjadi bengkak, berwarna kemerahan, tidak nyaman, dan mudah berdarah. Radang atau kerusakan jaringan pendukung gigi akan membuat gigi lama-kelamaan akan goyang dan tanggal atau lepas sendiri.

Gigi yang berlubang akan sangat mengganggu saat para siswa sekolah dinas dalam menempuh pendidikan. Gigi berlubang akan menyebabkan ngilu bahkan sakit yang berkepanjangan. Tanpa intervensi atau pengobatan dari dokter gigi, kondisi di atas akan bertambah parah.

Gigi yang berlubang tanpa dilakukan pengobatan akan terus sakit hingga menjadi abses dan menyebabkan matinya saraf gigi. Selain kebersihan gigi, karang gigi, dan kehilangan gigi, tak kalah pentingnya adalah kondisi spesifik, seperti:

  1. Gigi dalam kondisi rapi dan baik, yaitu tidak goyang, tidak terlalu renggang, dan kondisi gigi individual baik.
  2. Jumlah gigi cukup.
  3. Oklusi (pertemuan gigi atas dan bawah baik.
  4. Jaket gigi (jacket crown) dan jembatan gigi baik.
  5. Tidak memakai alat ortho permanen atau cekat.
  6. Tidak ada keluhan yang lain di rongga mulut.
  7. Tidak boleh ada gigi terpendam (impaksi) yang berpotensi mengganggu gigi geraham di depannya.
  8. Tidak boleh ada gigi berjejal, gigitan silang (crossbite), gigitan terbuka (open bite), rahang maju, dan kondisi berat lainnya yang mengganggu estetika.
  9. Kondisi gigi tidak harus sempurna, tetapi harus dalam keadaan sehat dan rapi.

Nah itu lah G-ENS, hal-hal yang harus kamu perhatikan. Jika kamu mau mengetahui keadaan gigi kamu saat ini, segera cek ke dokter gigi ya. Sangat disarankan untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali. Jangan menunggu saat tes ikatan dinas baru periksa gigi ya G-ENS!

Dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi sejak usia dini (disarankan sejak usia 6 tahun, saat gigi permanen mulai tumbuh) maka kesehatan gigi dan mulut akan terjaga sehingga saat tes ikatan dinas atau ujian lainnya tidak menjadi penghalang.

Semoga bermanfaat!

Penulis: Lafa Zidan

Editor: Sarana

Sumber:

https://dental.id/mau-daftar-sekolah-ikatan-dinas-ini-persiapan-perawatan-gigi-yang-diperlukan/

Related Article