Blog

SEPUTAR PKN STAN

Spesialisasi Manajemen Aset PKN STAN

Published at 08 Dec 2018 15:00

Kalau jurusan penilai bisa disebut sebagai “Tekniknya STAN”, maka jurusan Manajemen Aset bisa disebut sebagai “Hukumnya STAN”. Di sini kamu akan berkutat dengan mata kuliah hukum yang nggak jauh-jauh dari topik masalah piutang, lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Dulu namanya spesialisasi Pengurus Piutang Lelang Negara atau spesialisasi PPLN. Tapi sekarang namanya sedah menjadi spesialisasi Manajemen Aset atau sering disebut spesialisasi Manset.

Program studi manajemen Aset ini cuman ada di PKN STAN. Nggak ada di perguruan tinggi lain program studi ini.

 

1. Apa Manajemen Aset itu?

Manajemen aset adalah ilmu yang mempelajari kepengurusan aset-aset negara. Manajemen aset merupakan kombinasi dari cabang ilmu ekonomi, keuangan, manajemen, dan teknik. Manajemen aset sangat diperlukan karena aset-aset Negara sungguh penting untuk dilindungi dan dioptimalkan fungsinya.

Kegiatan manajemen aset dimulai dari kegiatan identifikasi aset, menentukan rasio dan melakukan inventarisasi aset, penilaian atas kondisi aset serta penilaian atas nilai aset, mencacat sisa masa manfaat aset, siklus pembiayaan dan menganalisis kesenjangan yang ada.

Selain itu juga harus dilakukan monitoring atas kondisi aset dan audit serta persiapan rencana kerja manajemen aset. Serta harus dilakukan identifikasi atas kebutuhan aset dengan mempertimbangkan persyaratan yang berlaku di masyarakat, ketentuan yang berlaku termasuk atas pemeliharaan dan rehabilitasi yang sedang dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Manajemen Aset di PKN STAN

Mahasiswa dari lulusan spesialisasi Manajemen Aset diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai register berkas kasus piutang dan lelang negara, verifikator pembukuan, melaksanakan eksekusi harta kekayaan milik debitur, dan penggalian potensi lelang dan pengawasan teknik yuridis.

Kamu diharapkan dapat kompeten dalam menilai dan menindaklanjuti segala usaha-usaha yang mempengaruhi aset-aset milik negara.

 

3. Yang dipelajari mahasiswa Manajemen Aset PKN STAN

Sama seperti spesialisasi lain di PKN STAN, mata kuliah Akuntansi dan Keuangan adalah mata kuliah wajib yang akan dipelajari oleh mahasiswa Manajemen Aset. Ada juga mata kuliah pokok, seperti penilaian aset dan properti, pengetahuan lelang, pengelolaan BMN dan pengelolaan kekayaan negara. Sedangkan mata kuliah terkait hukum perusahaan, pertahanan, perdata juga dipelajari untuk membantu mahasiswa nantinya dalam menindaklanjuti aset-aset yang dinilai.

 

4. Program Studi

Untuk spesialilasasi program studi diploma yang diselenggarakan hanya Diploma III, nggak ada Diploma I untuk spesialisasi Manajemen Aset.

 

5. Prospek Kerja

Sebagian besar lulusan PKN STAN akan ditempatkan di Kementrian Keuangan. Untuk Manajemen Aset juga begitu, lulusan spesialisasi ini sebagian besar akan ditempatkan di Kementrian Keuangan di bawah naungan DJKN (Direktorat Jendral Kekayaan Negara). Dimana nantinya lulusan tersebut bisa bertugas sebagai pejabat/juru sita, penilai dan pemeriksa, pejabat pengurusan piutang dan lelang negara.

Di Manajemen Aset ini, paling sedikit lho jumlah mahasiswanya dibandingkan dengan program studi lain di PKN STAN.

Nah, ini bisa kamu jadikan peluang nih untuk memilih program studi ini karena peluang untuk masuknya lebih besar, setuju ya? Hehe.

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article