ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

5 Istilah yang Ada di Kampus PKN STAN! Camaba Merapat!

Published at 09 Mar 2021 14:37

Hoi, hoi, hoi!

Udah pada tau belum istilah-istilah yang ada di kampus PKN STAN?

Buat kamu calon mahasiswa baru PKN STAN, pasti udah sering ‘kan ngepoin seluk beluk tentang PKN STAN hingga relung yang paling dalam? hehehe. 

Buat kamu yang belum tau, kamu harus tau dong istilah-istilah yang ada di kampus tersebut sebelum masuk PKN STAN

“Gimana caranya kak?”

Kamu cukup pelajari aja artikel ini, tapi sebelum itu kamu jangan lupa pelajari materi-materi SPMB PKN STAN terlebih dahulu ya! Biar makin pro, hehehe.

Nah kalau udah... yuklah langsung aja pelajari ke-5 poin di bawah ini!

 

1. Ambis

 

Pernah denger kata ‘ambis’ nggak gengs? Kata ‘ambis’ merupakan singkatan dari ambisius. Maksud dari ambis ini adalah dimana seseorang bersikeras jika ingin mencapai target yang diinginkan. Nah, biasanya anak-anak PKN STAN menganggap mahasiswa yang ambis sebagai “bureng” alias buru ranking (re: rengking). 

 

“Tujuannya apa kak?” Biar dapat IPK yang paling tinggi sejagat raya dong tentunya. Mereka yang memiliki ambis untuk mendapat IPK paling tinggi akan berlomba-lomba di kelas dalam hal mata kuliah. Jadi, nggak akan heran kalau yang mereka bahas tentang materi-materi perkuliahan aja. 

 

2. Dinamika

 

Dinamika yang dimaksud di sini bukan “berubah-ubah” ya! Melainkan singkatan dari Studi Perdana Memasuki Kampus, yaitu kegiatan ospek alias masa orientasi mahasiswa/mahasiswi baru di PKN STAN. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 6 hari. Dinamika wajib diikuti ya! Tujuannya adalah agar kamu mengenal kampus PKN STAN serta kehidupan-kehidupan yang ada di dalamnya.

 

“ih ospek, pasti nyeremin deh!” nggak kok, di dinamika ini nggak ada unsur kekerasan sama sekali. Malahan, kamu dapat mengenal diri sendiri, mengenal kelompok, dan mengenal lingkungan, sesuai dengan konsep dinamika! Hehehe.

 

3. Capbul/Cabul

 

Capbul/Cabul merupakan singkatan dari “Capacity Building”. Capbul/Cabul juga merupakan kegiatan untuk diikuti oleh mahasiswa baru di PKN STAN, tetapi berbeda dengan dinamika, ya!

“Bedanya apa kak?”

Kalau dinamika ‘kan kegiatan untuk lebih mengenal kampus dan lingkungannya, sedangkan Capbul/Cabul kegiatan untuk melatih mental dan fisik kamu. Jadi jelas banget ya bedanya! 

Biasanya kegiatan tersebut dilakukan di tempat yang berbeda setiap tahunnya. Jadi tergantung angkatan kamu ya, hehehe. 

Selain itu, kegiatan Capbul/Cabul biasanya dibimbing langsung sama anggota Kopasus (Komando Pasukan Khusus) lho! Sebenarnya acara ini nggak cuma melatih mental dan fisik kamu aja, tetapi juga melatih seberapa solid kamu dengan teman-temanmu. 

 

4. Psy-Trap

 

Udah pada tau istilah Psy-Trap belum? Psy-Trap merupakan sifat yang sangat nggak disukai oleh orang-orang. Biasanya Psy-Trap sering banget berkeliaran di kampus PKN STAN nihSingkatnya, Psy-Trap tuh suka mengelabui mangsanya.

Contohnya: Saat sedang ada ujian di kampus, seorang Psy-Trap sangat pintar mengelabui temannya dengan mengatakan “aku nggak belajar nih, ngerjain apa adanya deh” otomatis temannya tenang dan ikut-ikutan nggak belajar dong! Alhasil? Si Psy-Trap ini mendapatkan nilai yang sangat ‘WOW” alias paling tinggi di kelasnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di 3-ciri-tipe-psy-trap-apakah-kamu-salah-satunya ya!

 

5. Plasma 

 

Plasma atau singkatan dari Plasa Mahasiswa, merupakan salah satu tempat kumpul anak-anak PKN STAN nih! Meskipun namanya ada plasa-plasanya bukan berarti tempatnya juga seperti plaza tempat belanja ya! Tetapi bentuknya seperti pendopo untuk santai-santai. Plasma juga bisa dijadikan tempat untuk rapat BEM atau BLM, pameran, dan acara-acara kampus lho!

 

So, itulah 5 istilah yang ada di kampus PKN STAN! Gimana nih gengs? Udah berasa jadi mahasiswa PKN STAN belum? Semoga kamu jadi mahasiswa PKN STAN di tahun ini ya! Hehehe. Jangan lupa share ke temen-temen kamu dan selamat membaca!^^

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article