ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Spesialisasi Perpajakan Di PKN STAN

Published at 13 Dec 2018 15:00

Kalau kamu lihat tali lanyard yang terpasang di baju anak muda. Itu merupakan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) ciri khas mahasiswa Perpajakan PKN STAN, nggak cuman program studi Perpajakan aja, program studi yang lain juga memiliki ciri khas warna tersendiri.

“terus, Perpajakan itu tentang apa sih?”

Pajak adalah pungutan wajib dari rakyat untuk negara yang akan digunakan untuk kepentingan pemerintahan dan masyarakat umum.

Jadi, kalau kamu mengambil program studi perpajakan ini, kamu akan belajar tentang semua yang berkaitan tentang pajak di negara ini. Dari bagaimana menghitungnya, menyusun laporan keuangan hingga teknis pemungutannya.

 

1. Spesialisasi perpajakan di PKN STAN

 

Di PKN STAN, spesialisasi Perpajakan merupakan spesialisasi populer karena peminatnya yang sangat banyak.

Pada umumnya, spesialisasi Perpajakan PKN STAN sama dengan jurusan ‘pajak’ lain yang ada di Perguruan Tinggi lain, biasanya ada di Fakultas Ekonomi. Tapi, kalau di Perguruan Tinggi lain lebih berfokus pada laporan keuangan perpajakan. Khusus PKN STAN mahasiswa dipersiapkan untuk bisa menghitung pajak serta memungutannya juga.

Ya, karena lulusan PKN STAN diharapkan siap bekerja dan siap ditempatkan di Kementerian Keuangan di bawah naungan DPJ (Direktorat Jendral Pajak) di Instansi Pemerintahan.

 

2. Yang Dipelajari Spesialisasi Perpajakan

 

Karena sebagain besar mahasiswa spesialisasi perpajakan PKN STAN akan bekerja sebagai pegawai DJP (Direktorat Jendral Pajak). Maka segala hal tentang perpajakan akan dikupas habis. Mata kuliah seperti undnag-undang perpajakan, perhitungan tarif-tarif pajak serta teknis dari perhitungan hingga pemungutannya. Jadi siap-siap ya, hehe. Selain akan menghafal, logika penalaran dalam menghitung pajak sangat dibutuhkan lho.

Tapi tenang aja, semuanya akan dipelajari dari 0 (nol), kok. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau jadi mahasiswa perpajakan PKN STAN nantinya. Selain perpajakan, materi Akuntansi juga menjadi santapan wajib kamu.

Karena perpajakan itu sangat erat hubungannya dengan dasar-dasar Akuntansi. Tapi Akuntansi yang dipelajari nggak akan sedalam mahasiswa spesialisasi Akuntansi pelajari kok.

baca juga: Apa Bedanya Jurusan Akuntansi dan Manajamen Keuangan?

 

3. Program Studi

 

Program Studi Diploma spesialisasi Perpajakan terdiri dari Diploma I dan Diploma III. Selain di kampus PKN STAN Bintaro, khusus mahasiswa Program Studi Diploma I Pajak sebagian melaksanakan perkuliahan di Balai Diklat Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

4. Prospek Kerja

 

Seperti yang sudah kamu tahu dan sudah dijelaskan juga, bahwa mahasiswa Perpajakan akan ditempatkan di DPJ (Direktorat Jendral Pajak). Tapi nggak menutup kemungkinan juga ada lulusan spesialisasi Perpajakan yang bekerja di perusahaan swasta (di luar Kemenkeu), itu dikarenakan banyak perusahaan besar yang membutuhkan tenaga ahli untuk menghitung dan mengurus Perpajakan.

Nggak hanya itu dengan mengikuti prosedur yang ada, alumni juga bisa membuka kantor konsultan pajak yang bersifat melayani perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam administrasi dan pengurusan pajak.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article