ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

Takut Gagal SPMB? Coba Tanamkan 5 Mindset ini ke Dalam Diri Kamu!

Published at 02 Jul 2019 15:20

Menjelang waktu SPMB, hati dan pikiran lagi goyah-goyahnya… Tapi bisa dipastikan nafsu makan nggak ikutan goyah ya?

Kenapa hati dan pikiran kamu goyah? Karena saat ini kamu lagi diuji keyakinan hati kamu buat tetap ikut tes SPMB atau pasrah di tengah jalan. Benar nggak?

Rata-rata, kamu yang hati dan pikirannya lagi goyah disebabkan sama satu hal.

Ya! nggak salah lagi, kamu lagi takut “gagal SPMB”, hehehe. Wajar sih kalau kamu takut dengan hal itu. Tapi… kamu pernah denger kalimat “ketakutan itu kamu yang buat sendiri” atau “semakin kamu takut, hal yang kamu takuti akan terjadi” waduh… serem banget ya?

Nah, daripada kamu kayak gitu… mending tanamkan mindset ini di dalam diri kamu yuk!

 

1. “Kalau bukan sekarang, kapan lagi?”

Coba deh tanamkan kalimat itu setiap kamu lagi ragu akan sesuatu. Hal itu akan ngebantu kamu banget… kenapa? Karena kamu akan berpikir bahwa nggak akan ada kesempatan ke dua, atau mungkin hal itu nggak akan keulang lagi di hari esok. Jadi lakukan aja yang menurutmu harus dilakukan, asal bermanfaat untuk kamu ya, kawan ENS!

 

2. ”Peluang itu muncul, kalau berani mencoba”

Nah, sebenarnya kesempatan emas itu ada kalau kamu mau mencoba sesuatu. Hasil yang akan kamu dapetin kalau mencoba adalah “menang atau kalah”, begitulah fase kehidupan. Kalau kamu sama sekali nggak mencoba sesuatu tersebut kamu nggak akan tau hasilnya kayak apa, kalau tiba-tiba kamu menang gimana? Nyesek kan? Jangan sampai nangis bombay deh, hehehe.

 

3. “Lebih baik menyesal karena mencoba, dibanding menyesal karena nggak mau mencoba”

Banyak dari orang yang nggak mau melakukan sesuatu karena takut gagal… hmm atau mungkin kamu salah satunya?

Tenang, kawan ENS… nggak apa-apa untuk gagal. Seenggaknya kamu udah berusaha dan udah mencoba, kalau kamu nggak mencoba sama sekali, kamu juga nggak akan mendapat pengalaman apa pun, hidup kamu jadi flat-flat aja. Nggak mau menyesal karena nggak pernah mau mencoba ‘kan?

 

4. “Di saat orang-orang nggak percaya sama kamu, kamu harus percaya diri kamu sendiri”

Ini mindset yang penting banget buat kamu terapin. Di saat orang-orang ragu sama kamu untuk melakukan hal yang cukup sulit, kamu harus percaya sama diri kamu sendiri.  Sometimes, kekuatan itu datang dari diri sendiri lho… jadi jangan pernah untuk takut dan ragu akan kemampuan kamu. Dirimu layak menjadi yang terbaik, dan meraih kemenangan.

 

5. “Pengalaman adalah guru terbaik”

Pernah denger kalimat itu? Ya! Bener banget, sepahit-pahitnya pengalaman dan masa lalu… pengalaman merupakan guru terbaik. Pengalaman ngajarin kamu untuk lebih sabar, dan ikhlas. Jadi, jangan pernah menyesali apa yang udah terjadi… karena pengalaman, kamu bisa belajar dari kesalahan, dan kamu bisa menginstrospeksi diri untuk menjadi lebih baik. Setuju?

 

So, untuk kamu yang masih ragu untuk ujian SPMB, percayalah kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih dari ini. Jadi… sudah siap praktekin 5 Mindset di atas?

Jangan lupa untuk komen dan share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat! Selamat membaca ^_^

Semangat untuk para pejuang SPMB 2019!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

 

Related Article