Blog

ENS TIPS

5 Hal ini Bisa Melatih Kamu dalam Ujian Kesehatan dan Kebugaran Lho!

Published at 10 Apr 2019 15:47

Halo, kawan ENS… Gimana persiapan kamu buat ujian SPMB?
Udah pada dapet pengumuman pendaftaran SPMB PKN STAN ‘kan?
Karena banyak banget yang panik nih ada Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK), hehehe.

Banyak juga yang nanya “kak gimana ya caranya biar lancar UKK?” terus juga ada yang bilang “gimana dong kak, aku panik nih”.


Kamu nggak perlu panik kokkkk, coba deh kamu lakuin hal-hal di bawah ini, karena ke-5 hal ini bisa membantu kamu dalam UKK lho! Simak ya…

1. Latihan Secara Rutin

Sebelum Ujian Kesehatan dan Kebugaran, kamu wajib banget latihan dari jauh-jauh hari, dan secara rutin ya pastinya. Kamu bisa mulai dari yang ringan-ringan dulu kayak berenang, jogging, aerobic, dan lain-lain. Kamu bisa lakuin 2 kali dalam seminggu di bulan pertama, setelah itu kamu bisa tambah kapasitasnya menjadi 3-4 kali dalam seminggu.

Nah, kegiatan tersebut harus diselingi juga sama lari ya! Kamu bisa coba shuttle run alias lari bolak-balik. Gunanya biar bisa mengukur kelincahan kamu. Jangan lupa juga untuk mengukur kecepatan lari kamu dengan stopwatch ya…

 

2. Berhenti Merokok

Untuk kamu yang merokok, penting banget nih berhenti ngerokok. Kenapa? Kamu tau nggak kalau orang yang merokok itu pernafasannya gampang sesak kalau lagi olahraga. Maka dari itu, kamu harus berhenti merokok dulu minimal 2 minggu sebelum tes. Kamu juga bisa perbanyak minum susu biar menetralisir racun-racun di tubuh kamu.

 

3. Hindari Narkoba

Kadang dalam tes kebugaran, ada lho peserta yang mengonsumsi narkoba sebelum ujian. Karena biasanya obat-obatan bisa meningkatkan kinerja fisik seseorang. Ya nggak sih? Tapi jangan pernah coba-coba mengonsumsi obat-obatan ya. Mungkin obat-obatan akan membantu fisik kamu untuk sementara. Tapi di PKN STAN, peserta bakalan diuji bebas narkotika lho! Kalau kamu ketauan, goodbye deh….

 

4. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Menjelang tes kebugaran, kamu wajib makan makanan yang bergizi ya… hindari makanan yang kurang sehat kayak junkfood dan kawan-kawannya. Jangan sampe saat mendekati hari ujian tubuh kamu malah nggak sehat karena kurang mengonsumsi makanan bergizi.

 

5. Check-up Kesehatan 3 Bulan Sebelum UKK

Coba deh, sebelum Ujian Kesehatan dan Kebugaran kamu periksa kesehatan kamu dulu. Mungkin, kamu nggak ngerasa sakit apa-apa di luar, tapi kamu nggak tau kan kondisi di dalam tubuh kamu gimana. Jadi untuk jaga-jaga, nggak ada salahnya kok untuk check-up kondisi kamu ke dokter.  Ibarat pepatah, sedia payung sebelum hujan… hehehe.

 

Nah, itulah ke-5 hal yang bisa membantu kamu dalam menghadapi Ujian Kesehatan dan Kebugaran (UKK), semoga kamu nggak bingung lagi ya harus mulai dari mana hehehe. Semangat! Semoga kamu salah satu orang yang lolos ujian SPMB ya…..

Silahkan Komen ‘Aamin’ di kolom komentar ya…

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

 

 

 

 

 

Related Article