ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Tata Cara Pendaftaran Online SPMB PKN STAN 2019 (Terlengkap)

Published at 26 Dec 2018 17:10

Sebentar lagi dibuka Pendaftaran SPMB PKN STAN atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Kampus yang sudah terkenal yang memiliki ikatan dinas ini menjadi idaman para siswa di seluruh Indonesia.

STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No. 45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No. 12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Materi Keuangan RI No. 1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Pada tahun 2015, STAN mengalami perubahan nama menjadi PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu, Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai. Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara. Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Pajak. Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang atau Manajemen Aset. Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan. Program Diploma I/III Keuangan Spesialisasi Akuntansi.

Untuk program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu, Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus). Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus. Program Diploma Pembantu Akuntan (PA).

Pada tahun ini Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) kembali membuka pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru untuk Proram Diploma I dan Diploma III. Berikut informasinya

 

Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi perserta dengan kriteria :

  1. Program reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementrian Keuangan.
  2. Program Afimasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. Berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berllaku pada Badan Kepegawaian Negara.

 

Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

  1. Lulusan (tahun 2018 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2019) semua Sekolah Menengah Atas atau sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar :
    • Untuk lulusan tahun 2018 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah atau kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • Untuk calon lulusan 2019, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 denan skala 100,00.
  3. Usia maksimal adalah 20 tahun, dan usia minimal adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah :
    • Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • Mampu melakukan tugas seperti menganalisa; mengetik, mengampaikan pendapat, dan berdiskusi; dan
    • Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
    • Untuk program studi Diploma I : laki-laki tinggi badan menimal 165 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm
    • Untuk program studi Diploma III : berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
    • Tidak cacat badan;
    • Tidak buta warna; dan
    • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silinder dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus program afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut :
    • Dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
    • Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut termasuk biaya Pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasakan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlalu pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntasi Negara.

 

Tata Cara Pendaftaran SPMB PKN STAN

  1. Tahapan pendaftaran meliputi :
    1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedinasan : PKN STAN melalui portal https://sscn.bkn.go.id/ peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftarkan lebih dari satu sekolah Kedinasan pada Kementrian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
    2. Pengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut :
      • Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal https://sscn.bkn.go.id/
      • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan)
      • Mengisi data pilihan spesialisasi
      • Mengisi formulir pndaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita berhijab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2019 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang.
      • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
      • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
      • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU)
  2. Calon peserta proram Afirmasi menggunggah tambahan dokumen sebagai berikut :
    1. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya.
    2. Ijazah SD dan ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah dan ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa.
  3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketetuan sebagi berikut :
    1. Melakukan pembayaran sesuai jadwal
    2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan mengunakan MVA.
    3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
    4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftrana online (e-registrasion) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetor dapat mengunduh Bukti Peserta ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4.
  4. Peserta yang telah mengunduh BPU menempelkan pas foto berwarna terbaru BPU dinempelkan foto berukuran 4 x 6 cm (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berhijab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftran online.
  5. Panduan pendaftaran lengkap dapat dilihat pada situs http://kemenkeu.go.id , http://bppk.kemenkeu.go.id dan http://www.pknstan.ac.id

 

Biaya pendaftaran SPMB PKN STAN

Pembayaran biaya pendaftaran SPMB PKN STAN bisa dilakukan melalui seluruh cabang Bank Mandiri di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Pembayaran biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp. 300.000,- sesuai dengan nomor MVA Bank Mandiri yang terdapat pada BPO (Bukti Pendaftran Online) masing-masing peserta.

 

Pilihan Program Studi PKN STAN

Pada tahun ini ada beberapa pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat pendaftaran USM PKN STAN. Program studi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Program Diploma I Kebendaharaan Negara
  2. Program Diploma I Kepabeanan dan Cukai
  3. Program Diploma I Pajak
  4. Program Diploma III Akuntansi
  5. Program Diploma III Kebendaharaan Negara
  6. Program Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  7. Program Diploma III Manajemen Aset
  8. Program Diploma III Pajak
  9. Program Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Diploma IV Akuntansi

 

Dokumen yang perlu disiapkan

  1. Rapor (calon lulusan tahun ini) yang mencantumkan nilai semester I-V atau ijazah (lulusan sebelum tahun ini) yang mencantumkan nilai ujian tulis (nilai akhir)
  2. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku (rapor / ijazah / KTP / SIM ? paspor / SKCK)

 

Dokumen yang wajib Dibawa saat Verifikasi Berkas/Pengambilan BPU

  1. Bukti pendaftaran online (BPO) yang ditempel materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
  2. Fotocopy halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
  3. Dokumen asli, rapor (calon lulusan tahun ini), ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
  4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan trakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak 3 (tiga) lembar
  5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk ATM, atau hasil cetak internet banking.
  6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlalu sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

 

Dokumen yang Wajib Dibawa Saat Ujian

  1. Bukti perserta ujian (BPU) yang telah disahkan pada saat verifiksi berkas
  2. Bukti diti asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum di BPU

 

PENTING!

  • Apabila ada perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PKN STAN.
  • Informasi di atas berdasarkan data tahun 2018.
  • Informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat ditanyakan melalui contact berikut:

 

Hotline : +6221 7361654-58 ext. 264

Email : [email protected]

 

Masih ada waktu buat kamu yang ingin ikut bimbel online dengan diskon 70%, lihat selengkapnya

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article