ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Ujian Tak Perlu Belajar, tapi kuasai belajar efektif. kamu tipe mana?

Published at 05 Oct 2018 12:50

Belajar adalah kegiatan yang membosankan bagi mereka yang tak tahu tipe belajar efektif. Dan di satu sisi lain, belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Karena materi belajar yang disampaikan guru tak perlu semua dicatat.

Kebiasaan buruk kita saat ujian, barulah belajar. Padahal gak perlu belajar. Yang perlu adalah menguasai belajar efektif. Karena kalau kamu memaksimalkan potensi mu saat menyimak/mendengarkan guru di kelas akan jauh lebih mudah dipahami. Dibanding harus belajar sistem kebut semalam.

Ini sudah terbukti bisa meningkatkan efektivitas belajar untuk seorang siswa seperti kamu. Tergolong tipe apakah dirimu?

 

Pahami Dirimu Belajar

Tak banyak siswa yang sadar akan pentingnya mengetahui belajar efektif. Sering kali ini yang membuang waktu serta energi saat belajar. Gak percaya? Buktinya kamu belajar masih aja gak paham. Hehe.

Ada tiga tipe agar belajar mu semakin efektif dan pemahamanmu meningkat dan mengikat. Apa saja?

Pembelajar tipe Visual (Gambar)

Kalau kamu orangnya perfesionis. Suka keindahan. Bisa jadi kamu adalah orang yang tipe belajar visual atau belajar melalui gambar.

Kamu lebih sering memperhatikan bagaimana guru berbicara, guru menulis di papan tulis, serta menyimak sambil mencatat yang menurutmu penting.

Tantangan bagimu adalah dirimu sendiri. Yakni kalau di sekitarmu tak indah atau sedikit berantakan maka mood-mu agak terganggu akan hal ini. Sadari dan terima aja kalau ini terjadi.

Agar belajarmu semakin efektif. Kamu bisa catat apa saja yang menurutmu penting saat guru menerangkan. Bila tak mengerti, bertanyalah.

Pembelajar tipe Auditorial (Suara)

Kalau kamu orangnya agak bawel. Kamu suka denger musik, kalau udah suka pasti terus diulang-ulang. bisa jadi kamu adalah orang yang tipe belajar auditorial alias belajar melalui suara.

Kamu lebih fokus mendengarkan APA yang dikatakan gurumu dan bukan bagaimana CARA mengatakannya. Ketika mendengarkan kamu sangat fokus. Kalau menyimak sambil menulis kamu agak terganggu. Paling mengganggu adalah suara bising.

Agar belajarmu semakin efektif. Duduklah di depan agar terhindar dari godaan untuk mengobrol. Dengarkan secara seksama apa yang disampaikan oleh gurumu. Setelah selesai barulah catat. Itu pun kalau mau. :D

Pembelajar tipe Kinestetik (Pengalaman)

Kalau kamu orangnya gak bisa diem. Terus gak peduli dengan penampilan. Bisa jadi kamu adalah orang yang tipe belajar kinestetik atau melalui pengalaman(perasaan).

Hal yang paling penting menurutmu yakni merasa nyaman, baru bisa belajar. Tapi sayangnya untuk nyaman dan fokus belajar itu waktunya gak lama. Paling 15 sampai 20 menit aja. Sisanya gak fokus.

Kalau kamu udah gak nyaman, kamu akan kehilangan fokus untuk belajar. Kamu lebih suka belajar dengan berdiskusi atau langsung praktik.

Agar belajarmu semakin efektif. Cari suasana atau tempat yang pas untuk belajar. Kalau memang pembelajaran itu ada yang bisa kamu praktikkan, lakukanlah. Atau bisa lewat diskusi bersama temanmu.

 

Setiap orang memiliki tiga tipe ini. Hanya saja setiap individunya punya kecenderungan masing masing. Mulailah menyadari tipe belajar efektifmu agar kamu dapat menyerap materi belajar lebih maksimal. Dan malam harinya kamu hanya perlu mereview materi bukan mempelajari materi seutuhnya. :D

Jadi, kamu tipe yang mana?

 

Oleh: 

Kadika

Related Article