ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Wajib Tau! 4 Tujuan Diberlakukannya Sistem Drop Out (DO) di PKN STAN!

Published at 12 Nov 2018 16:00

Hal yang paling ditakuti oleh mahasiswa PKN STAN adalah kena DO alias Drop Out. Di PKN STAN itu memang memakai sistem DO. Bila mahasiswa melakukan pelanggaran, tak segan segan langsung DO tanpa ampun, tanpa kompromi. Sadis juga ya?

Tentunya mengeluarkan mahasiswa dari pendidikan PKN STAN itu bukan tanpa alasan. Hal itu dilakukan berdasarkan pertimbangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dan sistem DO juga dibuat dengan maksud dan tujuan yang jelas.

 

1. Menjaga Kualitas

Sistem gugur atau sistem DO yang diterapkan di PKN STAN bertujuan untuk menjaga kualitas lulusannya. Dengan adanya passing grade melalui IPK 2,75 itu berarti nggak ada mahasiswa PKN STAN yang lulus dengan IPK di bawah standar dan itu nilai mutlak bagi seluruh mahasiswa PKN STAN.

 

2. Bentuk Timbal Balik Mahasiswa

Negara melalui PKN STAN telah meberikan bermacam-macam fasilitas yang lengkap selama pendidikan secara gratis. Jadi, tugas terbesar mahasiswa PKN STAN adalah menyelesaikan pendidikan dengan baik. Sistem gugur atau sistem DO sama dengan akan menyaring bermacam-macam mahasiswa PKN STAN yang nggak kompeten, nggak jujur dan nggak memiliki komitmen yang kuat sebagai mahasiswa.

Baca juga: Kenapa PKN STAN Jadi Rebutan Ratusan Ribu Calon Mahasiswa Setiap Tahunnya?

 

3. Mengeliminasi Mahasiswa yang Nggak Jujur

Mencontek adalah bentuk kecurangan yang mencerminkan bahwa seseorang menginginkan suatu hasil yang maksimal tanpa mau bekerja keras. Karena PKN STAN adalah salah satu sumber perekrutan pegawai terbesar bagi kementrian keuangan, jadi sudah sewajarnya nilai-nilai integritas ditanamkan melalui kampus. Oleh karena itulah mencontek merupakan salah satu pelanggran terberat di kampus PKN STAN.

 

4. Mengeliminasi Mahasiswa yang nggak punya Motivasi

Dalam beberapa kasus, ada beberapa mahasiswa yang memang mengundurkan diri dengan cara sengaja melanggar aturan sehingga mahasiswa tersebut gugur dari pendidikannya. Beberapa motif yang sering ditemui dalam kasus tersebut adalah “tidak cocok dengan program studi pendidikan yang ditempuh di PKN STAN” atau “kuliah di PKN STAN kerena paksaan orang tua” jadi sistem gugur di PKN STAN nggak melulu karena masalah integritas atau masalah akademis saja.

Kurang lebih seperti itu tujuan kenapa ada sistem gugur atau sistem Drop Out di PKN STAN. Karena biaya kuliah sudah digratiskan dan difasilitasi dengan baik jadi lembaga berhak mengontrol mahasiswanya agar dapat tercipta sumber daya mahasiswa yang kompeten dibidangnya setelah lulus.

Tapi jangan sampai sistem DO ini bikin kamu takut untuk masuk PKN STAN. Selama kamu optimis dan kamu yakin bisa melakukan yang terbaik, kamu bisa jadi bagian dari PKN STAN.

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article