ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Perbedaan AKPOL, BINTARA, dan TAMTAMA, Catar Wajib Tau!

Published at 18 Oct 2021 17:13

AKPOL, BINTARA dan TAMTAMA

Hai hai hai G-ENS.

Semoga hari ini dalam keadaan sehat ya!

Buat kamu yang masih bingung perbedaan antara Akpol, Bintara dan Tamtama, pas banget nih! karena hari ini Minens akan membahas perbedaan antara Akpol, Bintara dan Tamtama.

Simak penjelasan berikut ini ya G-ENS!

Pada tahun 2022, POLRI akan membuka kembali pendaftaran atau Penerimaan POLRI 2022 yang bisa diakses di laman penerimaan.polri.go.id.

Posisi jabatan POLRI yang dibuka pada Penerimaan POLRI 2022 di antaranya AKPOL, BINTARA POLRI, dan TAMTAMA POLRI. Bekerja sebagai POLRI adalah cita-cita dan termasuk pekerjaan idaman di Indonesia. Banyak juga dari anak kelas 12 yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi polisi.

Tapi, kebanyakan dari anak kelas 12 belum begitu mengerti apa itu pengertiannya dan tugas masing-masing dari posisi atau jabatan. 

So, inilah perbedaan AKPOL, BINTARA dan TAMTAMA yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Check this out!

 

PERBEDAAN AKPOL, BINTARA dan TAMTAMA


AKPOL

AKPOL adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira POLRI. AKPOL adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira POLRI yang berada di bawah LEMDIKLAT POLRI (Lembaga Pendidikan dan Latihan POLRI).

AKPOL bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira POLRI tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun setelah lulusan nanti akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK), serta menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Jika kamu yang mempunyai cita-cita yang tinggi ingin menjadi Kaporli, Kakorlantas, Bareskrim dan Kapolda diberbagai daerah, kamu bisa masuk Akpol agar cita-cita kamu tercapai.

 

BINTARA POLRI

 

BINTARA adalah golongan pangkat di kepolisian yang posisinya di bawah Inspektur Polisi Dua dan di atas Ajun Brigadir Polisi.  

Pendidikan Bintara Kepolisian durasi pendidikannya selama tujuh bulan dan pangkat yang didapat oleh lulusannya adalah Brigadir Dua (Bripda).

BINTARA merupakan tulang punggung kesatuan di militer yang berperan sebagai penghubung antara Perwira dengan TAMTAMA atau sebaliknya dalam segi operasional.

BINTARA terdiri dari, mulai yang paling tinggi Ajun Inspektur Satu (AIPTU), Ajun Inspektur Dua (AIPDA), Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA), kemudian BRIGADIR.

Setelah itu di bawahnya ada Brigadir Polisi Satu (BRIPTU) dan Brigadir Polisi Dua (BRIPDA).

Biasanya, para anggota BINTARA yang bertugas membimbing dan mengepalai beberapa anggota TAMTAMA.

 

TAMTAMA POLRI

TAMTAMA adalah pangkat polisi yang paling rendah. Biasanya TAMTAMA disandang oleh anggota lulusan sekolah kepolisian, atau mereka yang baru masuk ke jajaran kepolisian.

Durasi pendidikannya selama lima bulan dengan output lulusannya berpangkat Bhayangkara Dua (BHARADA). Selama Pendidikan TAMTAMA Kepolisian akan diajarkan fungsi teknis Kepolisian Lalu Lintas, Intelijen, Reserse dan Binmas.

Ada berbagai jabatan yang tergolong sebagai TAMTAMA, seperti Bhayangkara Dua (BHARADA), Bhayangkara Satu (BHARATU), Bhayangkara Kepala (BHARAKA).

Kemudian ada Ajudan Brigadir Polisi Dua (Abripda), Ajudan Brigadir Polisi Satu (Abriptu), dan Ajudan Brigadir Polisi (Abripol). 

Adapun tugas TAMTAMA adalah sebagai pelaksana teknis dan taktis tugas-tugas Brimob atau Polair. 

Nah itulah G-ENS! perbedaan antara AKPOL, BINTARA dan TAMTAMA. Jika kamu ingin mendaftar di sana, jangan lupa persiapkan diri kamu dari jauh-jauh hari ya! Karena kamu akan menghadapi beberapa seleksi sebelum masuk ke Akademi Kepolisian. Tetap semangat mengejar cita-cita, jangan pernah menyerah!Semoga Bermanfaat^^

 

Penulis: Lafa Zidan
Sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/04/22461741/pendidikan-polisi-yuk-kenali-macam-pendidikan-dan-potensi-lulusannya?page=all

https://portalkudus.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-791650092/perbedaan-bintara-dan-tamtama-polri-pahami-pangkat-posisi-masing-masing-beserta-tugasnya-di-kepolisian?page=2

https://akpol.ac.id/

 

Related Article