ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

3 Solusi Masalah dalam Belajar!

Published at 19 Dec 2018 16:33

Belajar merupakan sebuah tugas seumur hidup, tapi banyak pelajar yang sering merasa kalau belajar adalah beban hidup yang nggak pernah berakhir. Kamu bukan manusia jenius yang saat lahir langsung hafal tabel periodik kimia. See, hidup ini terus berkembang ‘kan?

Bahkan di lain waktu belajar itu jadi satu hal yang sulit dan malas untuk dilakukan, iya ‘kan? Nah, kalau kamu sering merasa begitu, berarti kamu butuh solusi agar belajar nggak lagi terasa sebagai beban.

 

1. Jangan Pernah Menganggap Diri Kamu Nggak Mampu

(image:unsplash.com)

“what you think, you become” – Buddha

Kutipan tersebut menyampaikan kalau apapun anggapan kamu tentang diri kamu sendiri, maka kamu akan menjadi anggapan tersebut. Jadi, kalau kamu menganggap diri kamu sendiri nggak mampu, nggak bisa paham pelajaran, ya kamu akan benar-benar menjadi seperti itu.

Kamu harus berhenti berpikir kalau kamu sulit mengerti, sulit menangkap pelajaran tertentu. Bagaimana mau masuk PKN STAN kalau kamu terus menerus bilang ke diri sendiri kalau kamu nggak suka itung-itungan, padahal akuntansi dasar itu harus kamu kuasai kalau mau jadi mahasiswa PKN STAN. Jangan mau kalah sebelum perperang dong!

 

2. Cari Metode Belajar yang Baru

(image:sijai.com)

Setiap orang punya cara belajar yang berbeda-beda, tapi setiap orang punya kesamaan yaitu MALAS!

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas memang bisa datang kapan saja dan malas itu datang karena kamu jenuh dengan metode belajar yang itu itu saja. Pasti kamu menggunakan metode belajar yang standar kan setiap belajar?

 

Seperti, baca buku, dibaca, dihapal. Terus besoknya? Lupa deh, bubar semua apa yang sudah kamu baca dan hapalkan. Begitu terus setiap hari sampai Young Lex jadi Menteri Pendidikan!

 

Padahal banyak lho berbagai macam cara belajar yang bisa kamu coba, berbagai macam metode belajar yang bisa kamu pakai setiap kali kamu belajar, yang bisa memberikan hasil yang efektif.

Baca juga: Wajib Dicoba 4 Metode Belajar Efektif, Nggak Perlu Baca Materi Pelajaran Berulang Kali!

Misalnya, merekam suara kamu sendiri ketika sedang membaca materi pelajaran terus diputar berulang-ulang, nonton video-video pembahasan materi, dan lain sebagainya. Ayo dong! Jangan malas cari referensi metode belajar yang menyenangkan, agar kamu tambah rajin belajarnya.

 

3. Jangan Belajar Hanya Demi Mengejar Nilai Akademis

(image:hipwee.com)

Kalau kamu pelajar yang menganut SKS, jelas kamu selalu gagal dalam belajar. Karena kamu nggak menyediakan waktu khusus untuk belajar. Kesuksesan nggak akan bisa dibangun semalaman ‘kan? Kesuksesan juga nggak akan terjadi karena kamu pintar banget lho. Tapi kesuksesan datang dari kedisiplinan yang luar biasa dan semangat yang selalu konsisten!

 

Jangan belajar hanya demi mengejar nilai. “lho, kok begitu? Belajar kan memang demi mendapatkan nilai yang bagus”. Iya memang, tapi kalau kamu belajar hanya demi sebuah angka, kamu akan lupa dengan apa yang sudah kamu pelajari setelah kamu mendapat angka yang dikejar. Karena itu, fokuskanlah tujuan belajar kamu karena memang kamu “haus ilmu”, dan jadikan nilai yang kamu dapat sebagai bonus atau sebagai hadiah dari kerja keras kamu dalam belajar.

 

So, Percaya diri-lah, kalau kamu itu hebat, kalau kamu dapat memahami pelajaran apapun yang diajarkan di sekolah. Kamu harus yakin kalau kamu bisa, karena kamu mau untuk kerja keras. Semoga ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu, ya. Semangat!

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article