ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

12 Trik Unik Untuk Meningkatkan Belajarmu

Published at 18 Sep 2018 15:59

Hallo kawan ENS kembali lagi di blog kami. Kali ini kami akan membagikan trik-trik belajar guna untuk meningkatkan belajarmu. Yuk simak!!! semoga bermanfaat. ^.^

 

1. Menggunakan wewangian yang tidak familier

Ketika mau belajar, coba semprotkan wewangian yang gak familiar, misal pewangi mobil, pewangi ruangan atau parfum orang tuamu. Lakukan hal ini rutin setiap mau belajar, tapi jangan semprot banyak-banyak ya! Kemudian lakukan juga hal diatas ketika akan ujian. Semrotkan sedikit saja asalkan tercium. Tips ini bermanfaat untuk mengingatkan kembali otak kedalam suasana belajar yang sering kamu lakukan. Efekny, kamu bisa lebih mudah mengingat materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya

 

2. Memakan permen karet dengan rasa yang aneh atau berbeda

Terapkan kebiasaan makan permen karet ini ketika belajar dan menjelang ujian. Manfaatnya sama seperti nomor 1 diatas, yaitu untuk merangsang otak mengembalikan memori tentang materi-materi dan suasana belajar yang sering kamu lakukan. 

 

3. Tulis apapun yang kamu ingat sebelum ujian

Sebelum ujian, siapkan kertas dan tulis sebanyak-banyaknya hal yang kamu ingat. Jika ditempat ujian tidak boleh membawa kertas dari luar, kamu bisa menuliskan di kertas soal atau kotretan.

 

4. Gunakan musik instrumental untuk background suara

Kamu pasti suka deh merekam suara guru atau tentor buat bahan belajar dirumah? Nah sambil mendengarkan rekaman tersebut, gunakan background musik yang tenang agar kamu tidak bosan.

 

5. Gunakan makanan sebagai pemancing

Cara ini bisa kamu gunakan ketika lagi belajar menggunakan buku yang lumayan tebal. Kamu bisa menyisipkan permen, crackers atau makanan yang kamu suka setiap sudah melewati beberapa lembar sebagai motivasi belajar. Atau, kamu juga bisa menyisipkan makanan jika sudah mencapai target soal yang akan dikerjakan.

 

6. Tulis ulang semua rumus

Sebelum mengerjakan ujian, tulis semua rumus yang kamu inget di kertas kotretan. Jadi, ketika nanti lupa, bisa dilihat lagi deh rumusnya. 

 

7. Ketika buru-buru, gunakan double speed untuk rekaman suara yang kamu dengarkan

Pas lagi dengerin rekaman suara dari materi ujian dan waktunya udah mepet menuju ujian, coain deh double speed alat pemutar materi tesebut, walaupun intonasinya terdengar lebih cepat, tapi ini ampuh untuk memudahkanmu mengingat secara singkat. 

 

8. Gunakan font yang tegas

Ketika belajar atau mengetik materi untuk tes, jangan gunakan font umum yang sering digunakan, sebalikanya buatlah teks tersebut menggunakan font yang jarang digunakan. Hal berguna agar tulisan yang kamu buat tidak di skip ketika dibaca dan akan membuat orang menjadi lebih focus. 

 

9. Displin

Disiplin! disiplin disini adalah agar perhatianmu tidak terlalihkan oleh hal lain seperti smartphone dan komputer. Kalian bisa menggunakan aplikasi blocker atau menitipkan smartphone mu ke keluarga selama durasi belajar. 

 

10. Gunakan video untuk pembelajaran

Pasti bosen kan kalau cuma membaca atau latihan soal biasa? Kamu bisa coba aplikasi-aplikasi tambahan untuk memblok beberapa website yang kemungkinan besar akan kamu jadikan pengalihan ketika belajar. 

 

11. Gunakan mbah Google

Banyak yang bilang kalau mbah google itu segala tahu, makanya cobain deh menggunakan keyword "site:edu (topik belajar) untuk mencari bahan pembelajaran yang ingin kamu pelajari. 

12. Gunakan pulpen warna warni

Gunakan pulpen atau spidol warna warni untuk menuliskan materi atau merangkum materi yang kamu pelajari , mencampur warnanya didalam satu catatan bisa jadi alternatif untuk membantumu focus.

Sumber : 

https://9gag.com/gag/a3LK061/12-hacks-that-will-improve-your-studying

Related Article