ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lagi Merasa Stress Berat? Lakukan 5 Hal ini Untuk Mengurangi Rasa Stress!

Published at 22 Jul 2019 09:34

Saat baru masuk sekolah terus udah dikasih tugas-tugas yang menumpuk emang nge-bete-in banget… kalau cuma dikasih satu tugas aja dalam sehari sih masih bisa di-handle, tapi kalau semua mata pelajaran dikasih tugas? Jengjeng… bisa stress berat dong ya?

Rasa stress bisa mengganggu kenikmatan hidup lho, Kawan ENS! Jadi harus cepet-cepet dibasmi, hehehe. Gimana caranya? Langsung pantengin aja nih 5 hal berikut ini!

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Salah satu cara buat bikin tubuh kamu rileks tanpa stress adalah dengan fokus pada pernapasan. Bernapas bisa sebagai teknik relaksasi untuk mengelola stress nih, Kawan ENS. Kalau pernapasan kamu pendek, tandanya kamu lagi memiliki banyak tekanan… dampaknya adalah oksigen-oksigen yang mencapai otak dan otot dalam tubuh kamu itu sedikit.

Kamu bisa coba menarik napas dalam-dalam melalui diafragma atau pernapasan perut ya, Kawan ENS! Selain mengurangi stress, menarik napas dalam-dalam juga bisa mengurangi rasa lelah dalam tubuh lho…

 

2. Minum Teh

Teh merupakan resep tradisional favorit yang sering digunakan untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stress. Selain baik untuk kesehatan kamu, teh juga bisa mengurangi kadar cortisol (hormon stress) dalam tubuh lho. Coba deh kalau kamu lagi stress, kamu minum teh hangat sambil duduk dan mendengarkan lagu-lagu yang eargasm… dijamin langsung rileks deh!

 

3. Ngobrol dengan Temen

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress adalah, ngobrol dengan temen. Ceritain apa yang kamu rasain ke temen deket kamu ya pastinya… yang udah kamu percaya banget untuk kamu bagikan keluh kesahmu. Seenggaknya temen kamu bisa membuat perasaanmu menjadi lebih baik, hehehe.

 

4. Menjauhi Media Sosial

Menurut kamu kalau lagi stress banget, media sosial bisa menjadi solusi buat membasmi perasaan tersebut. Padahal, kenyataannya nggak gitu lho… kalau kamu membuka medsos saat lagi stress malah bikin kamu menjadi tambah stress.

Kenapa? Karena kalau kamu ngeliat foto keren orang-orang dan ngeliat dia lagi liburan dan lain-lain pasti kamu bakalan mau juga kayak mereka, sedangkan kenyataannya kamu lagi stress mikirin tugas-tugas kamu yang nggak tau kapan kelarnya.

 

5. Jalan Kaki

Coba deh sekali-kali kalau lagi stress kamu jalan kaki ke luar, hehehe. Nggak usah berat-berat, jalan kaki aja di tempat yang hijau-hijau yang banyak pepohonan. Penelitian di Inggris mengatakan kalau jalan kaki di taman atau di lingkungan yang hijau-hijau penuh pepohonan bisa menempatkan otak dalam keadaan meditasi lho…

Pastinya hal ini bisa menenangkan pikiran dan mengurangi kadar stress kamu dong?

 

So, itulah ke-5 hal yang bisa kamu lakukan kalau kamu merasa lagi stress berat!

Semoga masalah-masalah yang bikin kamu stress bisa selesai secepatnya ya, Kawan ENS! Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat…

 

Penulis: Sarah Farhana

 

Related Article