Blog

ENS INFO

4 Hal Yang Membuat Kamu Jauh Dari Kesuksesan

Published at 08 Jan 2019 15:28

Kalau membahas soal sukses, setiap orang pasti punya versi sukses tersendiri, nggak terkecuali kamu dong? Sukses menurut kamu itu apa sih?

Beberapa pelajar bilang, kalau bisa masuk perguruan tinggi favorit adalah suatu kesuksesan. Ada juga yang bilang kalau bisa masuk PKN STAN, lulus dan jadi PNS adalah suatu kesuksesan. Kesuksesan versi apa pun bisa kamu capai kok, asalkan kamu mau untuk kerja keras dan konsisten menghadapi jalan menuju kesuksesan yang memang nggak akan mudah.

Karena itulah, perjalanan kamu menuju kesuksesan pasti atau mungkin akan menemui banyak hambatan, entah kamu sadari atau nggak, bisa jadi kesuksesan kamu terhambat gara-gara kamu masih melakukan hal-hal berikut ini nih!

 

1. Mudah Berpuas Hati

Dalam perjalanan kamu menuju kesuksesan versimu, pasti ada keberhasilan-keberhasilan kecil yang kamu raih, misalnya, mendapatkan nilai ujian yang sempurna atau menang olimpiade matematika. Tentunya kamu boleh kok, merayakan keberhasilan kamu itu. Tapi jangan sampai keberhasilan kamu tersebut membuat kamu lengah dan melupakan tujuan besar kamu, yaitu, ingin menjadi mahasiswa PKN STAN. Misalnya

Jadikanlah keberhasilan kamu ini agar kamu bisa lebih termotivasi untuk melakukan suatu hal dengan lebih baik lagi, membuatmu lebih semangat lagi mengejar kesuksesan versimu. Karena kalau kamu mudah berpuas hati dengan kondisi kamu saat ini, kamu nggak akan mendapatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan versimu itu lho.

 

2. Takut Berbuat Salah

Orang bijak berkata “tidak ada sebuah keberhasilan tanpa kegagalan”, semua orang sukses di muka bumi ini pasti pernah mengalami kegagalan bahkan sampai berkali-kali, sampai akhinya bisa meraih keberhasilan atau kesuksesan.

Misalnya, kamu pengen masuk PKN STAN tapi sudah berpikir takut gagal, takut nggak lolos. Padahal darimana kamu akan tahu kamu gagal kalau kamu nggak pernah mencoba? Karena itulah, kalau kamu masih takut mencoba dan cenderung menghindarinya, kamu nggak akan tau seberapa besar kemampuan kamu. Kamu nggak akan bisa terekspos pada banyak kesempatan yang bisa saja mungkin itu salah satu cara untuk mengembangkan diri kamu menjadi lebih baik untuk meraih kesuksesan versimu.

 

3. Terlalu Fokus Pada Masalah

Dalam menetapkan tujuan, mengidentifikasi masalah memang penting. Tapi kalau kamu kelamaan bahas masalahnya dan nggak bisa menemukan solusi, sama saja buang-buang waktu dong? Karena itulah kamu nggak perlu terlalu fokus pada masalahnya, apalagi kalau masalahnya itu-itu mulu.

Misalnya, pengen masuk PKN STAN tapi udah mikirin tes-nya ribet, tes-nya susah, tes-nya banyak. Terus dipikirin tapi nggak berusaha menemukan solusi. Terlalu berkutat pada masalah bisa memancing emosi negatif, sehingga mengakibatkan fokus kamu buyar dan nggak bisa berpikir jernih.

 

Jadi, ada baiknya kalau kamu nggak menemukan solusi untuk masalahmu, kamu bisa minta bantuan orang lain untuk memecahkan masalah kamu dari pada terjebak disitu-situ aja!

 

4. Nggak Menyiapkan Rencana Cadangan

Orang yang sukses adalah orang yang bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan-kemungkinan apa pun yang terjadi, entah baik ataupun buruk. Rencana cadangan bisa digunakan seandainya keadaan nggak berjalan sesuai rencana.

 

Misalnya, kamu boleh kok optimis kalau kamu bisa masuk PKN STAN tapi nggak ada salahnya juga kamu mempersiapkan rencana cadangan. Kalau seandainya kamu nggak lolos untuk masuk PKN STAN, kamu nggak kehilangan arah, kamu tau akan kemana dan tau apa yang akan kamu lakukan? Jadi, ada baiknya kamu mempunyai plan A, B, C, dan seterusnya.

 

Nah, itu hal-hal yang bisa membuat kamu jauh dari kesuksesan. Atau menurut kamu apa sih yang bisa menghambat kamu dalam mencapai kesuksesan versimu?

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article