Blog

ENS INFO

4 Masalah yang akan Kamu Hadapi Sebagai Mahasiswa Baru!

Published at 21 Dec 2018 16:21

Siapa yang udah nggak sabar, untuk menjadi mahasiswa? Angkat tangannya! Menjadi
mahasiswa memang salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh anak muda. Karena masa perkuliahan itu seru banget! Kamu akan banyak punya pengalaman baru.

Berbagai hal yang akan kamu temui di kampus akan berbeda dengan sekolah, jadi otomatis masalah yang akan kamu hadapi juga berbeda. Karena meningkatkanya kamu ke jenjang perguruan tinggi, ya masalah pun akan berbeda bobotnya.

 

1. Galau Pakai Outfit Apa ke Kampus

Dulu waktu sekolah kamu hanya butuh seragam yang kamu pakai setiap hari dan nggak ada perubahan dari tahun ke tahun. Ketika kamu kuliah kamu butuh lebih banyak ragam dan variasi pakaian setiap harinya untuk ke kampus. Ini masalah yang cukup bikin galau kebanyakan mahasiswa, malah bisa dari malam udah mikirin nanti pagi mau pakai baju apa.

Tapi kalau kamu kuliah di PKN STAN kamu nggak akan menemui kegalauan ini, karena di PKN STAN nggak kaya di kampus-kampus lain, yang mahasiswanya bisa pakai baju sesuka hati. Tapi kamu harus pakai seragam, yang sudah terjadwal selama satu minggu, seperti waktu sekolah.

 

2. Sulit Beradaptasi sebagai Anak Baru

Menjadi mahasiswa baru memang akan jadi hal yang sangat menyenangkan tapi bisa jadi menakutkan juga untuk beberapa orang. Kenapa? Ada beberapa orang yang sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan atau orang-orang baru di sekitarnya. Kamu gitu nggak, hayo?

Kamu harus ingat, bukan cuman kamu satu-satunya anak baru di kampus, apalagi di PKN STAN akan banyak anak-anak dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Mungkin yang mereka rasakan sama dengan apa yang kamu rasakan, yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus lebih ramah, dan jangan ragu untuk memulai percakapan. Tak kenal maka tak sayang, makanya kenalan dulu biar sayang. Eh, biar akrab maksudnya, hehe.

 

3. Bingung Memilih Organisasi Kampus

Organisasi di kampus itu pasti banyak banget, dan pasti bikin kamu bingung mau pilih yang mana. Belum lagi kamu khawatir untuk membagi waktu nantinya. Sebelum memilih kamu bisa cari tau dulu plus-minus dari organisasinya. Kamu juga harus spesifik dalam mengenali organisasi yang mau kamu ikuti. Termasuk jadwal dan berbagai kegiatannya.

Ikut organisasi itu banyak manfaatnya lho, salah satuya bisa kamu jadi bisa punya banyak teman, selain itu ikut organisasi akan mengembangkan soft skills yang memang nggak diajarkan secara formal di kelas.

 

4. Beradaptasi Sebagai Anak Kos

Ini pasti jadi kegalauan batin buat mahasiswa yang jarak kampus dengan rumah cukup jauh. Inginnya bisa pulang pergi setiap hari, inginnya deket-deket saja bersama keluarga.

Tapi percaya deh, kamu akan diserang home sick itu hanya di bulan pertama saja. Ada banyak obat kangen yang bisa kamu lakukan, video call atau telepon dengan keluarga. Lagi pula, kalau kamu ngekos kamu akan belajar untuk lebih mandiri, dan belajar bertanggungjawab terhadap diri kamu sendiri.

 

Nah, sudah siap jadi anak kuliahan? SUDAH! (semangat aja dulu, walau belum lulus haha). Semoga ini bikin kamu semakin siap dan semangat menghadapi dunia baru saat masuk kuliah dan no galau galau lagi, ya!

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article