5 Situs Keren untuk Anak Rantau seperti Kamu!  

07 Dec 2018

Kamu sudah siap jadi bagian keluarga PKN STAN? Kamu mesti siap jadi individu yang mandiri agar siap menjalani hidup yang sesungguhnya setelah kuliah nanti. Lagi pula, di era digital ini, kamu sudah sangat dimudahkan dengan ada media sosial, ada line, whatsapp, instagram, facebook, dsb. Mau sejauh apapun jarak mu dengan orang tua, kamu bisa berkomunikasi langsung, bahkan dengan bertatap muka yang sering disebut videocall.

Yang paling utama adalah tempat tinggal, kamu harus pikirkan kamu bakal ngekos dimana dari jauh-jauh hari. Lalu, pikirkan kalau kamu ngekos dan bosen di kosan mesti ngapain, kamu bisa mencari pekerjaan part time/freelance buat mengisi kesuntukan mu.

Untuk mengisi smartphone mu, 5 Situs ini cocok banget buat kamu yang merantau. Yuk simak!

 

1. Cari-kos.com

Buat kamu yang merantau cari-kos.com pas banget buat wadah pencarian tempat tinggalmu. Sejauh ini, Cari-Kos memiliki data kos di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Otomatis yang mencari kos daerah PKN STAN, sudah pasti ada di situs ini.

Buat kamu yang kehabisan sewa kos dan harus pindah, juga bisa minta bantuan cari-kos.com, untuk pengganti tempat tinggalmu. Kamu yang sepakat menyewa rumah dengan teman atau saudara, bisa juga mencari info sewa rumah di sini.

 

2. StudentJob.co.id

Bagi kamu, yang bingung abis kuliah mau ngapain, kamu bisa langsung search pekerjaan yang kamu inginkan di StudentJob.co.id. Di situs ini punya banyak pilihan magang, paruh waktu, dan volunteer. Lumayan buat menambah uang jajan mu juga kan. Kamu juga bisa membaca artikel-artikel yang tersedia di situs ini, untuk meningkatkan skill kamu.

 

3. Buku-e.lipi.go.id

Bagi kamu yang harus mencari referensi tapi nggak sempet beli buku atau nggak ketemu di buku yang kamu punya, coba cari referensi di Buku-e. Disini lebih dari 1.000 buku dapat diunduh gratis dalam format PDF. Tinggal cari kata kunci buku, klik judul, klik "unduh naskah PDF" di sebelah kiri. Selesai! Buku terunduh otomatis ke folder penyimpanan. Jadi tambah pinter kan?

 

4. Bukupedia.com

Bukupedia.com memiliki banyak koleksi buku dari beragam kategori dan E-book. Mulai dari ekonomi, teknologi, sastra, arsitektur dan sebagainya juga tersedia. Selain itu, kamu juga dapat membeli buku import dari Amazon dengan mata uang rupiah dan tanpa kartu kredit. Asik ‘kan?

 

5. Translate.com

Yang suka berbicara bahasa asing, bisa klik translate.com. Situs Translate.com sudah didukung dengan 84 bahasa di dunia. Mulai dari Bahasa Inggris hingga Bahasa Jawa. Yang menarik, untuk bahasa tertentu, terjemahannya diikuti dengan audio. Tentunya ini sangat membantumu belajar mengeja kata-kata asing bukan.

Tapi perlu diingat untuk bahasa seperti Mandarin, Jepang, Rusia, Korea, dan Arab. Penerjemahan bahasa tersebut melibatkan penulisan aksara negara yang bersangkutan, bukan dengan huruf roman.

 

Inilah 5 situs yang membantumu agar terus melakukan hal yang positif saat di perantauan. Ingat ya, jangan memanfaatkan kebebasan mu untuk hal yang negatif, tapi gunakanlah untuk hal-hal yang positif agar orangtua mu makin bangga denganmu.

 

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019