ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Film yang Kamu Suka

Published at 03 Jan 2019 15:48

Kamu pernah merasa sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun tapi tetap nggak bisa berbahasa Inggris? Belajar bahasa Inggris memang susah-susah gampang, tapi kalau sudah bertahun-tahun belajar tetap nggak bisa, mungkin cara belajarmu, membosankan atau kamu yang sudah nggak pede duluan?

Cara yang paling mudah untuk belajar bahasa Inggris bisa melalui musik. Kalau kamu sering mendengarkan musik yang menggunakan bahasa Inggris, lama kelamaan kamu bakal hafal, dan kosa kata mu menambah deh. Kalau lewat musik juga nggak efektif coba pelajari lewat film. Agar kalimat-kalimat film yang kamu tonton nggak cuma masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan.

Apa saja? Inilah 5 tips-nya:

 

1. Belajar Melalui Film Kartun

(image:unsplash.com)

Siapa yang disini masih suka film kartun? Coba deh belajar bahasa Inggris lewat film kartun dulu. Kenapa harus diawali dengan film kartun dulu? Karena kalimat yang digunakan dalam dialognya masih terbilang sederhana dan ditujukan untuk anak-anak.

Cocok banget buat kamu yang masih level pemula. Buat kamu yang bingung ingin menonton film apa, Up, How To Train Your Dragon, Frozen, hingga Zootopia bisa jadi pilihan awal mu. Dialognya simple dan mudah kamu hafal.

 

2. Jangan Lupa Aktifkan Subtitle

(image:penerjemah-id.com)

Jika kamu kesulitan hanya dengan mendengarkan kalimatnya saja, kamu bisa belajar sambil membaca subtitlenya. Kamu bisa mengaktifkan dua bahasa sekaligus, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Subtitle Bahasa Inggris berguna untuk menyamakan antara kalimat yang diucapkan oleh tokohnya dengan subtitle-nya, subtitle Bahasa Indonesianya agar kamu bisa mengetahui terjemahan dari subtitle Bahasa Inggrisnya.

Dengan begitu, secara bersamaan kamu belajar caranya melafalkan kata dalam bahasa Inggris, penulisannya dan juga artinya. Dan speaking, listening, vocab, grammar, dan artinya bisa kamu dapatkan hanya sekali tonton.

 

3. Catat Agar Selalu Ingat

(image:unsplash.com)

Jangan lupa untuk menyiapkan notes kecil. Yup, notes ini digunakan untuk mencatat kata-kata sulit yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Supaya ingat terus dengan kosakata tersebut. Nah, kalau kamu menabung kosakata secara rutin, maka kosa katamu akan semakin banyak. Biasakan pula untuk selalu membawa catatanmu ini ketika kamu pergi. Waktu di perjalanan, duduk di ojek atau di kereta, sampai ditempat tujuan pun lebih bisa kamu jadikan lebih produktif. Bahasa Inggris mu pun bisa naik level!

 

4. Nonton Bareng Teman

(image:naughtyaccessories.co.id)

Serunya menonton film bareng teman adalah kamu jadi punya partner untuk berdiskusi. Setelah menonton, kamu bisa membahas tentang tokoh, jalan cerita, pesan moral, latar, hingga soundtrack-nya bersama teman-temanmu.

Jika ada bagian yang belum kamu pahami, pasti ada temanmu yang dengan senang hati menjelaskan. Begitu pula sebaliknya. Selain bertukar ilmu, proses belajarmu memahami bahasa lewat film juga semakin lancar dan menyenangkan bukan?

 

5. Buatlah Temeline Prestasi

(image:akuinginsukses.com)

Kalau sudah sering menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, jangan sampai lupa mengevaluasi dalam jangka waktu tertentu. Misalnya kamu menetapkan waktu evaluasi adalah setiap sebulan sekali. Teknik ini berguna untuk mengetahui sudah sejauh mana kamu memahami tenses, seberapa banyak vocab yang kamu ketahui, hingga tingkat kefasihanmu melafalkan kalimat dalam Bahasa Inggris.

 

Nah itu dia 5 Tips belajar bahasa Inggris yang patut kamu coba, jadi nggak hanya belajar di sekolah atau tempat bimbel aja, belajar di rumah dan di bioskop pas lagi hangout juga bisa kamu lakukan. Jadi bisa cas cis cus berbahasa Inggris dan siap ikut SPMB PKN STAN 2019 deh. Selamat mencoba, dan selamat menonton film yang kamu suka!

 

Penulis: Dewi Shinta N
Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article