ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Alasan Mengapa Perlu Membuat Resolusi di Tahun Baru

Published at 02 Jan 2019 16:47

Nggak kerasa ya tahun 2018 telah berakhir dan kini telah berganti menjadi tahun 2019. Nggak ada salahnya kamu berterima kasih untuk segala kenangan, pelajaran, pengalaman, maupun hal lainnya yang tentu sudah kamu lewati di tahun 2018.

Perihal tahun baru, banyak orang yang menuliskan resolusi yang ingin dicapai di tahun 2019 ini, mungkin kamu salah satunya? Tapi, kalau kamu belum membuat resolusi, nggak usah sedih karena nggak ada salahnya kalau kamu membuatnya sekarang selagi masih di Januari.

Kira-kira, kenapa ya resolusi menjadi penting untuk kamu buat? Buat kamu yang mau tahu jawabannya, ini dia!

 

1. Memberi Motivasi dan Semangat

(image:moondoggiesmusic.com)

Buat kamu yang belum membuat resolusi, coba deh sekarang mulai membuatnya. Resolusi ternyata bisa memberikan motivasi atau dorongan kepada diri kamu untuk melakukan sesuatu hingga akhirnya mencapai tujuan kamu.

Selain itu, resolusi juga bisa memberikan semangat kepada kamu untuk terus bergerak mewujudkan harapan dan impian kamu tersebut. Sadar nggak sih kalau resolusi jadi semacam magic words yang terus menghipnotis kamu untuk terus berusaha tanpa menyerah kalau kamu bisa melakukan apapun.

Dengan resolusi itu juga kamu jadi terpacu untuk melakukan kebaikan-kebaikan di hidup kamu.

 

2. Punya Target Apa yang Harus Dicapai

(image:arryrahmawan.net)

Kamu tentu punya target dong dalam hidup? Iya nggak sih? Nah, dengan membuat resolusi, kamu jadi tahu target apa saja yang ingin kamu capai di tahun 2019 ini.

Baik itu target dalam hal pendidikan, pekerjaan, maupun perasaan, ettt, hahaha. Adanya resolusi membuat kamu tahu apa-apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencapai target tersebut.

Kamu semakin berusaha untuk mencapai target-target itu diiringi dengan doa dan ibadah yang kamu lakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Nggak ada salahnya punya mimpi yang besar, tapi usaha kamu untuk mewujudkannya juga harus lebih besar!

 

3. Sebagai Pengingat

(image:nifa.aero)

Resolusi menjadikan kamu untuk selalu ingat terhadap apa-apa saja yang harus dicapai. Jika sewaktu-waktu kamu merasa menyerah terhadap impian kamu atau lupa terhadap apa yang harus kamu wujudkan, resolusi bisa menjadi pengingatnya.

Resolusi mengingatkan kamu untuk berjalan dan bergerak terus, jangan sampai mundur ke belakang apalagi sampai berbalik arah. Resolusi membaut kamu untuk tetap berada di jalur yang semestinya kamu tempuh. Dengan demikian, adanya resolusi mengajarkan kamu untuk tetap fokus dalam menjalankan sesuatu.

 

4. Memantau Perkembangan

(image:unsplash.com)

Selanjutnya, kenapa kamu perlu membuat resolusi yaitu untuk memantau perkembangan kamu. Maksudnya, dari sekian hal yang kamu tulis menjadi resolusi kamu, kamu jadi tahu kira-kira apa saja yang sudah dan belum terlaksana.

Jadi, kamu bisa memantau terus perkembangan kamu dalam mencapainya. Kalau sekiranya sudah ada yang terlaksana, maka menandakan bahwa salah satu resolusi telah kamu raih.

Namun, kalau ada yang belum terlaksana, kamu sesegera mungkin untuk mewujudkannya. Adanya resolusi yang telah terlaksana menjadi semangat kamu untuk mewujudkan hal-hal yang lainnya. Jadi, kamu lebih konsentrasi terhadap diri kamu.

 

5. Evaluasi Diri

(image:unsplash.com)

Resolusi membuat kamu mengevaluasi diri terhadap kekurangan maupun kelemahan kamu di masa lalu. Jadi, dengan mengevaluasi diri tersebut, di tahun ini kamu akan mengganti kekurangan maupun kelemahan kamu dengan kekuatan dan kelebihan yang kamu punya.

Kamu akan terus belajar dari setiap cerita dan pengalaman di masa lalu. Hal itu semakin membuat kamu bijak dalam mengambil keputusan dan membuat kamu semakin dewasa dalam menyikapi sesuatu.

 

6. Menghargai Proses

(image:jembermu.com)

Adanya resolusi mengajarkan kamu bahwa segala yang ada di dunia ini nggak terjadi begitu saja. Semuanya harus ditempuh dengan berbagai usaha dan doa. Semuanya membutuhkan kerja keras dan semangat dalam meraihnya.

Dengan begitu, ketika kamu telah mencapai impian maupun harapan sebagaimana yang ingin diwujudkan, maka kamu akan semakin menghargai proses di dalamnya.

 

Jadi, meskipun tahun baru sudah lewat beberapa hari, nggak ada salahnya kalau kamu baru membuat resolusi di hari ini. Namanya impian, apapun itu harus diusahakan.

So, semangat untuk mewujudkan harapan di tahun ini. Semoga semua impian maupun harapan menjadi kenyataan.

 

 

Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article