ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

6 Basa Basi Ala Orang Indonesia yang Harus Dihindari!

Published at 11 Jul 2019 11:25

Saat bertemu lagi dengan teman-teman lama atau kerabat jauh yang udah nggak ketemu berabad-abad, biasanya kita bakalan canggung dan bingung harus memulai bahas apa..?

Niatnya sih mau basa basi biar akrab, alhasil malah salah langkah, hehehe.

Coba kamu inget-inget deh, kamu pernah nggak ada di posisi itu? Pas lagi ketemu sama teman lama atau kerabat, ada perkataan mereka yang malah menyinggung perasaan kamu, padahal niat mereka pengen memulai obrolan sama kamu. Atau mungkin sebaliknya?

Nah, buat kamu yang bingung bagaimana memulai basa-basi yang baik, mendingan hindari ke-6 kalimat berikut ini deh biar aman!

 

1. “Kok kamu gendutan sih?”

Banyak orang yang sering melontarkan kalimat ini… niatnya sih mereka ingin terlihat akrab. Tapi kadang, omongan tersebut malah menyakiti hati orang lain lho, Kawan ENS!

Inget… nggak boleh body shaming. Toh, kalau gendutan, nggak ada salahnya ‘kan?

 

2. “Kok kamu kurusan sih sekarang?”

Masih banyak yang belum paham nih… mereka suka ngira kalau kurus itu sebuah anugrah. Tapi untuk sebagian orang, mereka nggak suka dibilang kurus, siapa tau mereka mati-matian usaha untuk gemuk tapi pas ketemu malah dibilang ‘kurus’. Ohiya… body shaming juga berlaku untuk orang yang kurus lho! Nggak selamanya jadi kurus itu enak.

 

3. “Jerawatnya banyak banget ya sekarang?”

Nah, ini nih yang sering banget terjadi… Kadang, karena nggak ada bahan obrolan, kata yang pertama kali terlontar  itu “Kok, lo jadi jerawatan sih?”. Serius deh, ini tuh nggak penting banget untuk dibahas. Masih mending orang yang bilang itu mau ngasih saran dan ngebiayain perawatannya. Tapi kalau cuma basa basi doang? Malah bikin orang lain nggak percaya diri lho!

 

4. “Kapan nikah?”

Orang-orang jaman sekarang itu mikirnya kalau umur udah menginjak 20-an udah harus punya teman hidup bahkan kalau bisa harus menikah…

Seringkali kerabat atau teman bertanya “kapan nikah?”, menurut kamu bertanya hal kayak gitu penting nggak sih? Pertanyaan-pertanyaan ini sering banget keluar saat momen-momen lebaran atau kumpul keluarga, hmmm…

 

5. ”Kok makin iteman sih?”

Daripada kamu ngajak ngobrol orang lain dengan kalimat itu… mendingan kamu bahas yang lebih seru kayak “gimana liburannya?” atau topik-topik lain. Enak kan kalau ngobrol tanpa harus membahas penampilan fisik orang lain? Mungkin aja orang tersebut suka traveling dan berjemur di bawah matahari… so, what’s wrong?

 

 6. Kapan lulus?

Haduh, haduh… coba deh kamu bayangin kalau lagi stress ngerjain skripsi, tiba-tiba dibawelin “kapan lulus?”. Mungkin buat sebagian orang yang lagi nggak ngerasain, pertanyaan ini terdengar sepele… tapi beda halnya dengan orang yang lagi memperjuangkan skripsinya mati-matian.

Malahan, mereka bisa makin stress kalau ditanya terus-terusan kayak gitu, yang tadinya butuh pengalihan tentang skripsi, eh malah inget lagi, hehehe.

 

So, itulah 6 basa basi ala orang Indonesia yang harus dihindari… Inget ya, jangan memulai basa basi yang dapat menyinggung orang lain, hehehe.

Jangan lupa share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article