ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

6 Tanda Ini Bikin Kamu Makin Yakin Kalau Kamu Udah Dewasa!

Published at 01 Aug 2019 18:23

Terkadang… tingkat kedewasaan seseorang itu nggak bisa diukur dari umur dan wajah mereka. Pasti kamu sering kan ketemu sama orang yang dari segi umur udah dewasa tapi ternyata pola pikirnya masih kayak anak kecil banget? Bener nggak? Kalau kayak gitu, orang ini belum bisa dianggap dewasa Kawan ENS! Sedangkan kalau kamu ketemu sama orang yang dari segi umur masih kecil tapi pola pikirnya lebih dewasa (dalam artian tenang, pengertian, dan nggak gampang ngambek) artinya dia udah bisa dibilang dewasa, hehehe.

“apa aja sih kak tanda-tandanya kalau kita udah dewasa?”

Nah, kalau kamu penasaran tanda-tandanya apa aja, pantengin tulisan berikut ini yuk…

 

1. Kamu Mandiri

Mandiri di sini maksudnya bukan ‘mandi sendiri’ ya… hehehe. Tapi maksudnya adalah, kamu lebih mengandalkan diri kamu sendiri dalam hal apa pun. Bukan berarti kamu nggak butuh orang lain untuk membantu kamu, tapi kamu lagi mau melatih diri kamu biar nggak manja aja sih…

 

2. Kamu Tau Arti Tanggung Jawab

Kamu bisa dibilang dewasa kalau kamu udah tau arti tanggung jawab. Kamu nggak bakalan nyepelein amanah yang oranglain kasih ke kamu. Orang yang bertanggungjawab juga nggak akan sibuk mencari alasan atas kesalahannya, malahan… yang mereka pikirin itu bagaimana dia bisa menyelesaikan tanggung jawab itu dengan baik, hehehe.

 

3. Jadi Lebih Menghargai Waktu

Semakin kamu dewasa, kamu pasti jadi lebih sering menghargai waktu. Kalau kamu udah bisa menghargai waktu kamu dan waktu orang lain, tandanya kamu udah dewasa lho… karena orang yang pola pikirnya masih kayak anak kecil, mereka pasti akan seenaknya dan menganggap waktu itu nggak berharga. Hmm… padahal waktu itu penting banget dan nggak bisa diulang ya?

 

4. Mampu Membuat Keputusan Sendiri

Kamu udah bisa membuat keputusan sendiri? Hebat! Tandanya kamu udah bisa dibilang dewasa, karena kalau kamu udah berani membuat keputusan sendiri, kamu udah siap juga dengan konsekuensinya. Orang dewasa itu selalu siap dengan apa yang akan mereka hadapi, mau itu hal baik atau hal yang buruk. Inget ya, kalau kamu bisa membuat keputusan, kamu juga harus punya prinsip alias nggak boleh labil!:p

 

5. Nggak Takut Meminta Maaf

Untuk sebagian orang, minta maaf itu adalah pilihan terakhir untuk dilakukan kalau lagi berantem sama temen, keluarga, atau gebetan. Hmm… iya sih bener, tapi itu berlaku untuk seseorang yang pikirannya belum dewasa alias masih mentingin gengsi. Sebenernya minta maaf nggak bakalan bikin harga diri kamu jatuh kok, Kawan ENS! Malahan itu menggambarkan kalau diri kamu udah dewasa. Minta maaf juga bukan berarti kamu kalah kok tapi itu tanda kalau kamu mengalah.

 

6. Menerima Kritik Orang Lain Tanpa Baper

Ini nih susahnya jadi dewasa, kamu harus menerima kritik orang lain tanpa harus baper dan ngambek. Justru itu tantangan buat kamu sih… kalau kamu udah bisa menerima kritik orang lain dengan lapang dada, selamat deh! Kamu udah bisa dicap sebagai orang yang udah dewasa. Tapi kalau kamu masih bete dan nggak suka kalau dikritik orang lain, nggak usah heran kalau kamu dibilang anak kecil. 

 

Gimana nih Kawan ENS? Kamu udah pernah melakukan hal-hal di atas belum? Kalau semua tanda itu ada di diri kamu, welcome to adult life! Hehehe.

Jangan lupa untu share ke teman-teman kamu biar lebih bermanfaat ya… Semoga membantu!

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article