ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

7 Skill ini bikin Kamu Makin Pede Hidup Merantau…

Published at 16 Jul 2019 15:58

Selama hidup bertahun-tahun, baru pertama kali kamu merasakan yang namanya merantau. Hidup merantau identik dengan hidup mandiri, ngelakuin apa-apa sendiri. Pasti rasanya kaget dan nggak biasa, karena sebelum menjadi perantau apa-apa selalu diurusin orangtua..

Nah, karena sekarang kamu baru pertama kali merantau dan harus hidup mandiri, coba pahami dulu 7 skill yang harus kamu miliki saat pertama kali merantau… biar hidup merantau kamu lebih mudah dan lancar jaya, hehehe.

 

1. Memasak

Memasak merupakan skill penting yang bisa bikin kamu bertahan di tanah perantauan. Walaupun jaman sekarang apa-apa serba cepet, kalau laper bisa tinggal pesen makan nggak sampe nunggu lama makanannya udah di depan pintu. Tapi, hidup merantau nggak semudah itu, Kawan ENS! Ada kalanya kamu harus hidup hemat dan nggak boleh boros sampe akhir bulan. Jadi, kamu harus punya skill memasak… nggak usah yang ala-ala sayang, seenggaknya bisa bikin perut kamu kenyang, hehehe.

 

2. Mencuci

Mungkin awalnya kamu nggak kebiasa dalam hal cuci mencuci… tapi karena sekarang kamu udah jadi perantau, kamu pasti akan kebiasa dalam hal ini. Boleh-boleh aja mengandalkan jasa laundry. Tapi, at least kamu harus bisa mencuci pakaian dalam sendiri dong pastinya. Lagipula, lumayan juga lho kalau kamu bisa mencuci sendiri dan nggak perlu ke laundry, jadi hemat budget deh. Hal ini juga berlaku kalau kamu abis makan ya! kamu harus mencuci piringnya sendiri, karena nggak ada jasa laundry piring hehehe.

 

3. Beres-beres Fuangan

Nah, yang dulu kamarnya sering diberesin ibu, mulai sekarang harus beresin sendiri ya! Lipat selimut sendiri, beresin kasur sendiri, nyapu sendiri, ngepel sendiri. Tipsnya, kalau kamu males banget beres-beres ruangan, kamu harus terbiasa hidup rapih jadi kamu nggak perlu keganggu ngeliat hal-hal yang berantakan, karena kamu selalu menaruh barang-barangmu sesuai dengan tempatnya.

 

4. Benerin Perkakas

Skill ini berlaku untuk cewek dan cowok ya… kamu harus bisa belajar benerin perkakas, jaga-jaga kalau ada barang-barang atau perkakas kamar yang rusak, misalnya lampu bohlam kamu mati, harus memasang paku di dinding, atau ngebersihin kipas angin. Seenggaknya kamu bisa ngelakuin itu sendiri dan nggak perlu menyusahkan orang lain.

 

5. Belanja di Supermarket

Kata siapa belanja di supermarket ngga butuh skill? Mungkin kalau kamu lagi belanja dengan orangtua kamu nggak harus pusing mikirin apa-apa, kamu tinggal masukin aja belanjaan yang mau kamu beli. Tapi beda halnya dengan merantau, kamu harus punya skill dalam menghitung budget. Kalau pengeluaran kamu untuk belanja di supermarket nggak diatur terlebih dahulu, bisa-bisa kamu mendadak nggak punya uang setelah belanja. Nggak cuma berlaku di supermarket aja, skill belanja juga dibutuhkan saat kamu lagi tawar menawar di pasar tradisional lho…

 

6. Kuli Angkat Barang

Saat merantau, siap-siap kamu jadi kuli dadakan buat diri kamu sendiri. Kuli di sini maksudnya adalah, kamu harus siap untuk mengangkat galon air minum kalau lagi nggak ada orang, atau membuang keranjang sampah, dan hal-hal lain yang nggak terduga yang harus kamu lakukan. Jadi sebelum itu, kamu harus latihan untuk hal-hal tersebut. Percaya deh, kalau kamu merantau, kamu bakalan lebih tahan banting nantinya, hehehe.

 

7. Komunikasi

Skill komunikasi jangan sampai ketinggalan nih Kawan ENS! Kalau kamu merantau tapi kamu nggak tau cara berkomunikasi dengan orang lain bakalan susah deh. Karena kalau merantau, kamu jauh dari orangtua, jadi kamu bakalan butuh bantuan orang lain kan… jangan sampai kamu cuek dan nggak mau berbaur dengan tetangga.

 

Ke-7 skill di atas harus kamu miliki kalau kamu baru pertama kali merantau ya, Kawan ENS! Semoga dapat membantu kamu dalam hidup mandiri…

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ya! ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

 

 

 

Related Article