ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

Baca sebelum terlambat, 5 Tindakan ini Bisa Bikin Mahasiswa Tua Menyesal di Tingkat Akhir, Maba Jangan Tiru!

Published at 09 Jul 2019 16:15

Masuk ke kampus yang kita sukai emang menyenangkan banget, Kawan ENS! Pengorbanan dan usahamu selama ini terbayarkan, hehehe. Biasanya, beberapa orang kalau udah jadi mahasiswa ngejalanin perkuliahannya gitu-gitu aja alias flat. Bahkan kadang ada yang “kupu-kupu” alias “kuliah-pulang-kuliah-pulang”.

Hati-hati lho…

Banyak hal-hal yang sebenernya sepele, tapi bikin nyesel pas dilakuin…

Mau tau apa aja? Yuk simak beberapa tindakan yang bisa bikin mahasiswa tua nyesel di tingkat akhir…

Eitss maba jangan tiru ya!

 

1. Jadi Mahasiswa yang Malu-malu Kucing

Pasti banyak dari kamu yang suka malu-malu kucing. Biasanya cewek nih yang suka malu-malu. Sifat malu atau jaim sebenernya nggak apa-apa sih kalau sesekali, tapi kalau sampai malu berekspresi di kelas? Nggak baik juga.

Misalnya, saat dosen lagi bertanya dan kamu tau jawabannya, tapi kamu malu untuk speak up. Itu bakalan menghambat kamu dalam mengemukakan pendapat saat jam perkuliahan. Nggak hanya itu aja, hal itu juga bakalan berpengaruh ke nilai keaktifan di kelas lho…

 

2. Nggak Ikutan Organisasi

Biasanya mahasiswa seringkali males ikut-ikutan organisasi di kampus. Apalagi mahasiswa pertengahan nih, karena menurut mereka itu nggak penting dan buang-buang waktu. Beda halnya sama maba, mereka justru semangat ikut organisasi atau kepanitiaan.

Nah, mereka yang nggak ikutan organisasi pas lagi ada kesempatan, baru deh menyesal di kemudian hari. Sama kayak mantan, hehehe.

Mereka yang nggak ikutan organisasi biasanya juga nggak akrab sama senior-senior atau dosen, jadi kalau ada butuh apa-apa pasti susah deh. Selain itu, ikut organisasi juga ngebantu banget buat wawancara kerja lho, Kawan ENS!

 

3. Nggak Melatih Kemampuan Menulis

Menulis itu penting banget untuk perkuliahan, karena bakalan berguna banget saat skripsi atau mendapatkan tugas dari dosen. Saat kuliah, tugas kamu nggak jauh-jauh dari menulis. Menulis nggak hanya melontarkan tulisan asal, tapi juga harus menyesuaikan dengan bahasa baku/bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jaman sekarang, masih mengandalkan copy-paste karena nggak bisa menulis nggak cool lho! Kalau selama kuliah kamu nggak pernah melatih kemampuan menulis, bakalan nyesel banget deh… kamu bakalan struggle saat mengerjakan skripsi nantinya.

 

4. Pemborosan

Nah, ini nih yang sering dilakukan! Pada saat masa-masa kuliah rasanya seneng banget pemborosan. Antara pemborosan dan gengsi beda tipis ya… selagi hal tersebut bikin kamu terlihat kece, pokoknya “hayuk terus”. Tapi ternyata, pas udah jadi mahasiswa tingkat akhir nyesel deh. Kenapa? Karena saat-saat skripsi, kita banyak banget pengeluaran yang kalau dihitung-hitung bikin pusing deh.

 

5. Nggak Ikut Magang

Sebelum kamu menyesal di kemudian hari, coba deh kamu ikut magang jangan sampai di-skip. Karena beberapa dari mahasiswa tua yang nggak pernah ikut magang, mereka rata-rata nyesel banget. Karena kalau skip magang, kamu nggak akan mendapatkan skill yang berguna di dunia pekerjaan. Magang juga bisa melatih kamu untuk beradaptasi di lingkungan pekerjaan lho, Kawan ENS.

 

So, untuk kamu para calon mahasiswa baru… kalau nggak mau menyesal di kemudian hari, kamu jangan lakukan hal-hal tersebut ya!

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

 

Related Article