ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Fakta-fakta Menarik Seputar PKN STAN

Published at 02 Oct 2018 14:47

Halo kawan ENS! Masih ragu buat mendaftar SPMB tahun depan? Atau pengen tahu ada apa aja sih di PKN STAN itu? Berikut kami rangkum beberapa fakta menarik seputar PKN STAN.

 

1. Anak STAN dulunya jebolan PTN ternama

Jebolan PTN ternama? Yap kamu gak salah baca, maksud dari jebolan PTN ternama yaitu biasanya mereka adalah mahasiswa/i PTN yang rela melepas perguruannya untuk masuk ke STAN. Ada juga yang rela gap year demi mempersiapkan diri untuk SPMB di tahun berikutnya, bahkan ada juga yang sampai 3 kali ikut ujian sampai akhir batas percobaan penerimaan mahasiswa baru habis. PKN STAN memang penuh dengan pesona!

 

2. Masih ikatan dinas dan belajar gratis

Jika kamu terbentur biaya untuk melanjutkan kulah, maka PKN STAN bisa menjadi alternatif yang tepat. Karena seluruh biaya pendidikan di sekolah kedinasan dibiayai oleh negara, selain itu juga kamu memiliki kesempatan untuk langsung bekerja dengan menjadi CPNS terlebih dahulu.

 

3. Air Mancur

Air mancur di stan merupakan ikon legendaris dan menjadi hal yang wajib untuk semua mahasiswa/i PKN STAN untuk berselfie ria di air mancur ini. Biasanya selfie atau groupfie ria ini dilakukan ketika awal semester baru, pembagian KTM, atau ketika sudah menyelesaikan KTA atau tugas akhir.

 

4. Memiliki jurusan yang tidak dimiliki kampus lain

Jika kebanyakan kampus pada umumnya memiliki jurusan yang sama, hal ini justru berbeda di stan. Terdapat jurusan satu-satunya yang hanya ada di stan, yaitu jurusan kepabeanan dan cukai juga manajemen aset dan penilai. Cobain deh cari di tempat lain, pasti tidak ada deh.

 

5. Sumber daya manusia yang berkualitas

Lulusan stan merupakan orang-orang pilihan yang diharapkan dapat menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan negara. Selain itu, mulai dari dosen hingga fasilitas yang memadai juga menjadikan kualitas lulusan stan tidak perlu dipertanyakan lagi.

 

6. Prospek kerja yang luas

Meskipun jika lulus nanti para alumni akan ditempatkan di lingkungan kementrian keuangan atau non keuangan. Namun, hal ini bukan berarti menutup peluang untuk pengembangan kerja, justru pihak swasta atau luar negeri kerapkali memberikan penawaran pekerjaan atau kerjasama dengan para alumni. Salah satu contoh alumni STAN yang berkarir diluar PNS adalah sosok Helmi Yahya, yang saat ini juga sudah menjabat menjadi petinggi TVRI.

Related Article