Hati-hati! Inilah 5 Ciri Teman Toxic di Sekitarmu!

11 Mar 2019

Dalam suatu hubungan sosial, pasti kamu mempunyai yang namanya teman, baik itu di lingkungan sekolah, lingkungan rumah, maupun lingkungan kampus. Tapi, biasanya nggak semua teman selalu satu pemikiran dengan kita. Pasti ada yang berbeda prinsip, berbeda pendapat, bahkan berbeda sifat.

Pasti happy banget ya kalau punya teman yang selalu ada buat kamu, yang saling mengerti satu sama lain, yang klop banget deh! Tapi nggak sedikit juga orang-orang yang memiliki teman yang toxic.

“Apa sih kak teman toxic?”

Teman toxic itu teman yang menebarkan racun untuk kamu, bukan ‘racun tikus’ ya! Alias teman yang selalu membawa dampak negatif dalam kehidupan kamu. Males banget nggak sih kalau dapat teman toxic?

Maka dari itu, coba kenali dulu yuk ciri-cirinya!

1. Nggak Pernah Mau Dengerin Ceritamu

Teman yang toxic itu kalau dia ada masalah selalu mendatangimu untuk sekedar bercerita dan meminta saran. Kita dengan senang hati bersedia mendengarkan keluh kesahnya.

Tapi kalau kita yang punya masalah? Hmm biasanya dia suka sulit dicari dan kadang memilih untuk jalan bersama kekasihnya! Ngeselin ‘kan

2. Selalu Iri Atas Segala Keberhasilan Kamu

Pernah nggak sih di saat kamu mendapatkan prestasi atas pencapaianmu teman kamu malah nggak senang atau bahkan ngediemin kamu?

Kalau pernah, berarti teman kamu termasuk teman yang toxic tuh! Kalau teman kamu baik pasti dia akan selalu mendukung kamu, dan selalu senang atas keberhasilan kamu dong!

3. Selalu Ikut Campur Urusan Pribadi Kamu

Males banget nggak sih kalau lagi punya masalah pribadi teman kamu selalu ikut campur? Baik dalam hal mengorek-ngorek informasi untuk sekedar kepo atau menjadi pengatur untuk hidup kamu.

Biasanya teman yang toxic itu merasa paling tahu segalanya. Dia selalu sok tahu dalam menentukan keputusan buat kamu atau yang lebih parahnya lagi, dia akan memaksa kamu untuk mengikuti saran dia tanpa menghargai perasaan kamu. Toxic banget ‘kan?

4. Temenan Sama Kamu Mau Senengnya Aja!

Saat kamu punya uang disayang-sayang, bangga banget dia jadi teman kamu. Tapi kalau kamu lagi bokek? Teman toxic akan membuang kamu tanpa pikir panjang.

Pertemanan kamu hanya diukur oleh uang aja! Ibaratnya, habis manis sepah dibuang. Jauh-jauh deh sama teman toxic seperti itu!

5. Selalu Nge-Judge dan Bocor

Biasanya kalau kamu melakukan kesalahan yang fatal kamu akan mencari teman untuk cerita dan meminta saran. Beruntung kalau kamu cerita dengan orang yang tepat yang bisa memberikan jalan keluar untuk kamu.

Tapi kalau kamu lagi nggak hoki? Kamu akan di-judge kalau cerita dengan teman yang toxic, dan yang lebih parah kalau dia menjadi gacor alias gas bocor sampai menyebarkan semua aib kamu ke teman-teman lain.

 

Jadi, itulah ke-5 ciri teman toxic. Jauh-jauh deh sama teman-teman seperti itu. Banyak teman itu boleh, tapi harus pintar dalam memilih teman ya! Jangan sampai kamu terjebak dalam pertemanan yang toxic, karena nggak ada untungnya buat kamu! Hehehe.

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019