ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Tips Kece Mengatasi Rasa Malas Belajar

Published at 21 Dec 2018 16:16

Masa depan sudah di depan mata? Waktunya kamu mengurangi main dan bermalas-malasan belajar. Kalau bukan dari sekarang kapan lagi kamu akan belajar lalu mendapatkan nilai ujian yang memuaskan? Jangan sampai menyesal ya.

Jika kamu sudah menerapkan tips-tips belajar yang ada di berbagai sumber di internet. Tapi nggak menaikan mood belajar kamu, mungkin saja, teknik belajarmu masih kuno. Terapkan 5 tips kece ini, untuk menghindari kamu dari rasa malas saat belajar, simak yuk

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Belajar!

1. Buatlah Target Prestasi Menggunakan Note

Jika kamu hanya mengandalkan otakmu untuk mengingat target prestasi yang hendak kamu capai, lebih baik catat target prestasimu menggunakan sepucuk kertas note. Tulisan ini bisa kamu tempel di mana saja sebagai motivasi kamu, bisa di meja belajar, tembok kamar mu, bahkan di buku tulismu.

Selain sebagai motivasi, note ini juga berguna untuk alarm belajar mu lho.Saat kamu hendak belajar atau membuka bukumu, ada pemicu target prestasi yang sudah menunggumu lho, Hayo PKN STAN di depan mata.

 

2. Jadwal Pelajaran adalah Wallpaper HP yang Paling Kece

Alarm selanjutnya adalah jadwal pelajaran. Jika kamu sudah membuat jadwal pelajaran sebagai hiasan dinding kamar mu. Kamu juga bisa menjadikan jadwal belajar sebagai wallpaper HP mu lho.

Setiap buka HP, kebayang besok pelajaran matematika, fisika dan bahasa Inggris sudah di depan mata, belum lagi ada ulangan harian. Wah, dijamin deh kamu pasti jadi rajin belajar.

 

3. Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Kalau kamu suntuk belajar dirumah, kamu bisa belajar di luar sekalian mencari udara segar. Belajar yang nyaman memang di luar ruangan lho, selain bisa menghirup udara segar, kamu juga bisa mendengarkan kicauan burung yang membuat belajar mu makin natural.

Bisa di taman ataupun halaman rumah bisa jadi tempat rekomendasi belajarmu yang non budget. Pindah yuk, jangan di kamar terus, sesekali boleh pindah ke taman.

 

4. Pelajari Teknik Membaca Cepat

Kalau kamu sudah pintar membaca cepat, maka materi yang kamu pelajari akan mudah diserap. Tapi ingat, tetap fokus ya. Dalam membaca cepat jangan gunakan jarimu untuk menunjuk setiap kata, karena itu akan mengganggu fokusmu saat membaca.


Baca juga: Wajib Dicoba 4 Metode Belajar Efektif, Nggak Perlu Baca Materi Pelajaran Berulang Kali!

 

5. Fokus dan Tandai Hal-Hal Penting

Saat belajar terkadang notifikasi dari berbagai medsos, bikin kamu nggak bisa menahan untuk nggak membukanya. Iya ‘kan? Kalau sudah seperti ini, singkirkan dulu HP mu, lalu fokuslah.

Buka bukumu dan tandai hal-hal penting dengan stabilo berwarna kesukaanmu. Atau bisa juga kamu salin dengan membuat rangkuman, karena akan memudahkanmu dalam memahami pelajaran.

 

Setelah kamu mengetahui 5 tips kece mengatasi malas belajar, saatnya kamu terapkan ke dalam kehidupanmu sehari-hari. Kalau kamu bingung belajar sendirian, karena nggak ada orang yang ditanya. Sebaiknya kamu ikut bimbel online ENS bersama kaka tentor berkompeten.

 

Penulis: Dewi Shinta N
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article