ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Ini dia bedanya Sikap Proaktif dan Reaktif…kira-kira kamu yang mana?

Published at 31 Jul 2019 16:48

Dalam sehari-hari, kita sering banget berhadapan dengan orang yang berbeda-beda. Kadang ketemu orang yang baik banget kayak malaikat, kadang ketemu orang yang sensitif banget hatinya kayak kulit bayi, bahkan terkadang ketemu orang yang galaknya melebihi macan, hehehe. Selain jenis-jenis tersebut, beberapa orang juga punya cara yang berbeda dalam mengambil respon… ada yang proaktif dan reaktif.

Mungkin dari kamu masih banyak yang belum tau perbedaan orang proaktif dan orang reaktif. Tenang, kamu bisa pantengin pembahasan ini sambil nyantai atau ngopi-ngopi kok, hehehe. Jadi, nggak perlu lama-lama lagi, yuk pantengin perbedaannya berikut ini…

 

1. Proaktif

Proaktif itu tipe orang yang mampu memilih respon atau tanggapan. Biasanya orang dengan tipe ini nggak sembarangan dalam memilih respon lho… pasti dipikirin mateng-mateng dulu deh sebelum mereka memberi respon.

Contoh orang proaktif adalah, kalau kamu dipukul orang lain kamu nggak bakalan langsung nyerang balik… kamu pasti berpikir dulu “apa yang salah?” “kok gue tiba-tiba dipukul ya?” kamu pasti mencari tau alasan yang paling logis sebelum kamu bertindak.

Orang dengan tipe proaktif biasanya emosinya lebih stabil dan tenang, mereka bisa menjaga emosi saat ada stimulus yang mengganggu mereka.

Masih kurang puas sama penjelasannya? Coba perhatiin ciri-ciri orang proaktif berikut ini:

  • Cenderung aktif
  • Memiliki inisiatif yang tinggi
  • Tenang alias nggak gampang tersinggung
  • Berpikir sebelum bertindak
  • Bertanggungjawab atas tindakannya
  • Dapat mengambil keputusan bahkan di situasi yang paling sulit

Bersyukur banget nggak sih kalau kamu mempunyai temen yang proaktif? atau malah kamu tipe orang yang proaktif? Hehehe…

 

2. Reaktif

Kalau reaktif justru kebalikan dari proaktif, Kawan ENS! Orang dengan tipe ini cenderung gampang tersinggung dan mudah marah. Mereka sangat responsive bahkan saking responsive-nya suka nggak berpikir panjang sebelum bertindak. Ibaratnya, kalau mereka diganggu, mereka akan membalas detik itu juga, kalau di-cocoklogi-in sama aja kayak botol soda yang dikocok, saat botol itu dikasih stimulus… sodanya langsung meledak.

Agak ekstrim ya? tapi begitulah kalau kamu berhadapan dengan orang yang reaktif. Kalau kamu mengganggu orang yang memiliki sikap reaktif, kamu sama aja kayak mengganggu binatang buas *cuma perumpamaan ya*. Kenapa? Karena kemungkinan respon mereka ada dua, antara takut atau marah, hehehe.

Biar lebih jelas lagi, coba lihat ciri-cirinya berikut ini:

  • Gampang emosian
  • Playing victim
  • Sering mengeluh
  • Apatis
  • Sulit mengambil keputusan
  • Nggak berpikir logis

Beda banget sama sifat proaktif ya? semoga kamu bukan tipe orang yang reaktif ya Kawan ENS, dan jangan sampe ketemu sama orang dengan tipe reaktif, hehehe.

 

So, itulah perbedaan antara orang dengan tipe proaktif dan tipe reaktif. Sebenernya simple sih cara ngebedainnya, kalau proaktif nggak gampang marah, kalau reaktif cepet banget marah, hehehe… kalau kamu tipe yang mana nih? Jangan lupa share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat ya!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article