ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Jangan Goyah Dulu, Ini 6 Cara Agar Semangatmu Terus Membara

Published at 29 Sep 2018 11:06

Setiap perjalanan hidup adalah sebuah perjuangan. Seolah tidak ada habisnya, setiap saat kita dituntut untuk mau berjuang melakukan hal yang kita inginkan. Tentu saja sebab tidak ada sesuatu hal yang instan saat mengharapkan hasil yang luar biasa besarnya.

Terdapat fase yang terus terjadi pada manusia. Hampir semua orang mengalaminya. Mulai dari semangat yang membara saat harus menyusun mimpi dan goals hidup. Merancang apapun yang bisa dilakukan agar bisa kencapainya. Hingga melaksanakannya.

Namun di tengah-tengah setiap prosesnya akan ada saja yang menghalangi jalanmu. Mulai dari gangguan dari orang lain yang tidak sepaham dan tidak mendukungmu, sampai rasa malasmu karena mulai tergoda melakukan sesuatu yang lainnya. Dari sinilah kamu harus mulai membangkitkan kembali semangat yang dulu sempat membara. Bukan hanya agar jalanmu lebih mudah dan terarah, tapi agar perjuanganmu tidak sia-sia dan penuh penyesalan karena rasa malas.

 

1. Cari tahu apa yang membuatmu mulai malas

Dari sekian banyak faktor ataupun alasan, kamu sudah pasti tahu satu alasan yang membuatmu merasa sangat malas untuk kembali melangkah. Entah karena tidak ada yang mendukungmu, berbagai penolakan, hingga tidak kunjung menemukan solusi dari masalah yang ada. Kamu seolah terkurung dalam berbagai problem tanpa jalan keluar, yang membuatmu semakin enggan untuk kembali melanjutkan.

Tapi sampai di sini pun perjuanganmu sungguh luar biasa. Kamu perlu memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri. Atas apa yang telah kamu lakukan dan hingga kini sudah kamu perjuangkan. Jika lelah istirahatlah. Kamu memang tidak seharusnya terlalu memaksa. Tapi jangan jadikan malas sebagai alasanmu menyerah. Kamu tetap bisa melanjutkan perjuangan sekalipun banyak rintangan yang belum kamu tahu seperti apa besarnya.

 

2. Tak perlu terburu-buru bilang "menyerah", cari alasan kamu punya kesempatan

Selain mencari alasan kenapa kamu mulai merasa malas, carilah alasan kenapa kamu harus terus berjuang. Tentu saja selain mimpi dan goals yang sudah kamu buat di masa lalu, ada alasan lain yang membuatmu berani mengambil langkah pertama untuk mencoba sekaligus berjuang hingga detik ini.

Ingatlah, setiap orang pasti mengalami kegagalan. Tidak ada yang bisa mencalai sukses tanpa rintangan di setiap jalannya. Termasuk kamu yang bahkan mungkin sudah berjuang banyak untuk bisa bertahan hingga detik ini. Jangan terlalu cepat berkata "aku menyerah". Yakinkan dirimu jika ada kesempatan lain untukmu tetap bisa sukses.

 

3. Carilah teman untuk berbagi rasa lelah dan keluh kesahmu

Rasa lelah dan mungkin saja kecewa sudah pasti akan sering kamu rasakan. Sekalipun kamu sudah membatasi diri dan berbagai perasaan yang membuatmu baper, kamu tetaplah manusia yang bisa merasa tersinggung dengan perkataan ataupun perlakuan buruk orang lain.

Sudah kamu di saat seperti ini yang kamu butuhkan adalah dukungan dari orang lain. Dukungan dari mereka yang mau mendengarmu dan tidak meninggalkanmu saat kamu jatuh. Carilah teman yang mau berbagi rasa lelah denganmu. Bukan hanya yang mau memberi atau menerima saja. Sebab kamu pun perlu menjadi orang yang selalu ada baginya.

 

4. Gunakan waktu pribadimu untuk meditasi dan menenangkan diri

Saat lelah dengan pekerjaan maupun lingkungan, kamu perlu sejenak menenangkan diri. Menjauh dari keramaian dan lebih fokus kepada diri sendiri. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk bermeditasi. Mencari ketenangan akan membuatmu lebih santai dan siap menghadapi ujian di masa depan.

Tidak perlu pergi ke tempat jauh hanya untuk mencari ketenangan. Gunakan saja akhir pekanmu untuk berdiam diri di rumah, atau berjalan santai seorang diri. Kamu akan lebih memiliki banyak waktu untuk mengenal dirimu sendiri. Dan bisa menentukan apa yang akan kamu lakukan untuk rencanamu kedepannya.

 

5. Jangan paksa dirimu untuk melakukan hal yang memicu emosimu memuncak

Salah satu manfaat mengenal diri sendiri adalah mampu mengenali emosi dan mencari cara untuk menanggulanginya. Kamu adalah orang yang paling mengenal dan memahami apa yang membuat emosimu memuncak. Jika sudah begitu, jangan memaksakan diri untuk melakukan hal yang mampu membuatmu mudah tersulut emosi.

Lakukan hal lainnya saat kamu mulai merasa tidak seimbang. Kamu tidak perlu memaksakan diri. Pilihlah aktivitas yang mampu membuatmu lebih tenang atau tidak merasa tertekan lagi. Sebab di sinilah kamu akan lebih nyaman saat melakukan aktivitas lainnya.

 

6. Perbanyaklah rasa syukurmu, sebab kamu ada karena kamu dipercaya bisa

Jangan lupa, bersyukurlah! Sebab kamu adalah manusia yang dipercaya dan diberi kesempatan untuk berada pada titik ini. Perjuanganmu memang masih panjang. Itulah sebabnya kamu perlu perbanyak rasa syukurmu. Bukan untuk memperkuat jalanmu tapi untuk membuatmu ingat, bahwa kamu adalah manusia yang dipilih untuk perjuangan ini.

Berjuanglah sebagai salah satu bentuk syukur dan terima kasihmu. Bukan hanya kepada Tuhan yang memberimu kekuatan, keluarga dan teman yang mendukungmu. Tapi juga untuk dirimu sendiri yang telah berjuang keras hingga detik ini.

Perjuangan itu tidak akan ada habisnya. Kamu perlu banyak bersyukur akan tidak lupa bahwa telah berjuang melalui rasa lelahmu hingga saat ini. Terus bersemangat. Jika bisa kembali mencoba kenapa harus menyerah?

 

 

Sumber: 

https://www.idntimes.com/life/inspiration/nelsi-1/jangan-goyah-dulu-6-cara-agar-semangatmu-terus-membara-c1c2-1/full

Related Article