ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menghindari Panik Saat Ujian!

Published at 17 Dec 2018 15:00

Pernah merasa nggak enak badan saat melaksanakan ujian? Tiba-tiba tanganmu dingin dan nggak jarang sampai keringat dingin dan sakit perut? Jika sudah seperti itu sudah bisa dipastikan mengganggu konsentrasi bukan?

Menurut sumber dari Vr-Gaming.co.uk, manusia mempunyai tiga bagian otak, yaitu otak reptil, mamalia, dan berpikir (neokorteks).  Ketika merasa tertekan, sistem otak yang aktif adalah otak reptil.

Bagian ini memiliki fungsi untuk mengontrol pernapasan, denyut jantung, dan reaksi insting dalam keadaan bahaya atau terancam. Sedangkan, kalau kamu belajar, menghafal, dan memahami, semua informasi yang diserap ada di neokorteks.

Di bagian inilah yang dipakai sebagai pusat untuk kegiatan berpikir. Jelas saja semua materi yang sudah kamu ingat ada di neokorteks nggak bisa keluar karena yang aktif saat tegang adalah reptil.

Jika sudah seperti ini jelas saja bukan materi pelajaran yang keluar tapi keringat dingin yang mengucur di sekujur tubuhmu. Cara untuk menghindari panik saat menghadapi ujian kamu bisa lakukan 5 hal ini, simak yuk

 

1. Tidur yang Cukup

(Image:unsplash.com)

Jika senin besok sekolahmu sudah mulai ujian, jangan sampai kamu tidur lebih dari jam 10 malam di hari minggunya. Karena tidur yang cukup akan me-refresh otakmu dari aktivitas sebelumnya. Jika tidurmu kurang, maka otak akan tegang dan susah untuk berpikir. Jangan biasakan begadang jika besok ujian ya, kawan.

 

2. Sugesti Otak

(Image:unsplash.com)

Mari sugesti otak mu jika ujian besok adalah ujian yang mudah untuk dikerjakan. Mensugesti otak juga nggak terlepas dari usaha kamu dalam memahami materi. Jika kamu sudah melakukan kedua hal ini dengan bersamaan, yakin deh kamu akan terhindar dari kepanikan.

 

3. Pijat Tangan

(Image:ayobandung.com)

Jika kamu mulai tegang dan panik, kamu bisa kurangi dengan stretching atau peregangan otot. Gerakan yang paling mudah dilakukan untuk meregangkan otot, kamu bisa pijat tangan mu. Tapi jangan terlalu kencang ya, takutnya tangan atau jarimu malah keseleo, bukannya membuat kamu lebih nyaman dalam menghadapi ujian, malah membuat kamu nggak konsentrasi karena merasakan sakit.

 

4. Berimajinasi

(Image:unsplash.com)

Untuk menghindari panik kamu bisa berimajinasi saat kamu berangkat untuk mengikuti ujian. Berimajinasi di sini nggak sekedar berimajinasi tentang kartun yang kamu tonton. Tapi kamu dapat berimajinasi mengenai pelajaran yang akan kamu temui nanti sekalian mengingat-ingat materinya. Ini akan menghilangkan panik, karena kamu sudah memiliki gambaran tentang soal yang akan kamu kerjakan.

 

5. Tuangkan dalam Tulisan

(Image:seosatu.com)

Tuangkan dalam tulisan disini, bukan untuk bekal nyontek kamu ya. Tapi menuangkan keyword atau kata kunci materi yang sudah kamu pelajari. Contohnya, gambar bagan bunga, rumus trigonometri, rumus past tense, kata kunci yang berhubungan dengan apa pun yang ada pada soal.

Setiap yang kamu tulis, kembangkan menjadi hal-hal yang terkait dengan itu. Misalnya bagan bunga, ada putik, kelopak, dan lainnya. Cara ini akan membuat otak terpancing dan kembali mengingat isi jawaban dari soal yang ada.

 

Jika sudah tau apa yang harus kamu lakukan agar nggak panik dalam menghadapi ujian, jangan lupa terapkan ya. Kamu bisa terapkan hal ini untuk mengikuti ujian SPMB PKN STAN.

Jika sudah seperti ini, dijamin deh kamu akan tenang dan mudah untuk mengerjakan soal ujian. Jika kamu sudah menerapkan 5 hal ini namun tetap sulit dalam mengerjakan soal, mungkin kamu kurang memperdalam materi yang akan diujikan.

Maka kunci selanjutnya kamu harus terus belajar, dan jangan lupa ikut bimbel PKN STAN terbaik. Kamu bakal diajarkan dengan pengajar yang berkompeten dan berprofesional, makin siap menghadapi ujian deh!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article