ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Lebih bagus mana, belajar pagi atau belajar malam?

Published at 01 Oct 2018 15:18

Tipe-tipe orang memang macem-macem. Ada yang susah tidur dan ngerasa lebih aktif di malam hari, ada juga yang cepet banget ngerasa ngantuk ketika malam menjelang. Jadi bingung deh buat nentuin waktu belajar yang pas.. Malem takut kurang tidur, pagi takut gak fokus. Kira-kira, kapan sih waktu yang pas banget buat kita belajar secara optimal? Sebenernya, gak ada yang salah kok kalau kamu suka belajar malam hari atau belajar pagi hari pas lagi disekolah, karena keduanya punya manfaat masing-masing. Yuk kita ulas dulu kelebihan antara keduanya!

 

Belajar di malam hari

 

1. Suasana yang tenang dan nyaman

Suasana malam hari merupakan suasana yang lebih tepat jika kamu menginginkan ketenangan. Pada malam hari, orang-orang sudah tidak melakukan banyak aktifitas sehingga kamu akan lebih mudah fokus. Saat malam hari juga cuaca biasanya tidak terlalu panas seperti disiang hari, jadi dapet deh feel nyaman buat belajar.

 

2. Pergi tidur setelah belajar baik untuk otak

Setelah belajar langsung tidur? Faktanya hal ini justru bagus loh! Menurut ahli syaraf William Klemm via Psychology Today, tidur setelah belajar dapat meningkatkan memori otak untuk informasi-informasi yang telah kita pelajari. Jadi, gak perlu deh yang namanya belaja semalam suntuk dan kurang tidur, bukannya hafal materi, malah cuma capek aja yang didapat.

 

3. Punya waktu yang panjang untuk belajar

Malam hari itu waktunya panjang. Yap, setelah tenggelam matahari sampai matahari terbit, masih bisa dibilang malam hari. Kamu punya banyak waktu untuk belajar materi-materi yang belum sempet kamu pelajari di siang hari.

 

4. Tidak terganggu

Semua serba sepi.. Gak akan ada deh yang ganggu, karena semua orang udah beristirahat. Walaupun begitu, jangan pikiran sampai keganggu dengan main gadget ya!

Belajar malam hari ini lebih cocok untuk kamu yang sering susah tidur, jadi kegiatan begadangmu juga bisa makin berfaedah deh.. hehe

 

Belajar di Pagi Hari

1. Energi masih maksimal

Setuju gak sih kalau belajar di pagi hari masih ada semangatnya? Nah dengan belajar di pagi hari, energi yang kamu miliki bisa disalurkan dengan baik. Selain itu, fokus belajar juga didukung oleh pencahayaan alami yang baik.

 

2. Jam tidur tidak terganggu

Belajar pagi hari gak akan bikin jam tidur kamu terganggu, tinggal direncanakan aja to do list yang mau dipelajari dipagi hari agar lebih maksimal belajarnya. Kamu juga bisa curi-curi waktu. Misal pas lagi istirahat sekolah atau ketika lagi senggang dirumah

 

3. Bisa belajar kelompok

Salah satu kelebihan belajar pagi hari yaitu bisa belajar kelompok. Gak mungkin juga kan belajar kelompok malem-malem? Kamu juga bisa buat jadwal belajar bersama setelah selesai sekolah di sore hari atau ketika masih di lingkungan sekolah. 

 

4. Otak menyerap informasi lebih baik dipagi hari

Menurut Dr. Jane Oakhill, seorang psikolog di University of Sussex, menemukan bahwa belajar di pagi hari lebih baik untuk mengambil informasi baru. Pada pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mengingat fakta dan angka. 

 

Belajar pagi dan belajar malam tentu punya kelebihannya masing-masing. Kamu bisa juga loh memadukan keduanya tergantung pada jadwal kegiatan kamu. Misalkan belajar pagi untuk hari-hari sekolah di senin sampai jumat, sedangkan belajar malam untuk weekend atau ketika sedang libur. Semoga semakin semangat ya belajarnya!

Related Article