ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Nggak Suka Baca? Jadikan Membaca Menjadi Menyenangkan dengan 5 Hal ini!

Published at 22 Feb 2019 14:47

Sering banget pelajar mencari jurusan yang cocok untuk orang yang nggak suka baca, karena beranggapan membaca itu sangat membosankan. Jadi, ya, pengen kuliah di jurusan yang  nggak banyak membaca aja.

Hmm.. Bikin mengerutkan dahi ya?

Ya, jelas nggak ada dong jurusan yang nggak banyak membaca. Dari zaman dinosaurus sampai detik ini, membaca masih dan akan terus menjadi bagian yang penting dalam proses belajar, hehehe.

Sekalipun kamu mengambil jurusan yang berfokus pada hitungan, kamu tetap akan membaca, kalau kamu nggak membaca untuk mengulik teori dan dasar ilmunya, kamu mau belajar darimana, hayo?!

 

Untuk mengubah pandangan kamu tentang membaca, coba deh ikutin tips-tips ini, agar membaca bisa menjadi kebiasaan dan kegiatan yang menyenangkan untuk kamu!

 

(image: unsplash.com)

 

1. Mulailah dari yang Kamu Sukai

Kamu pasti memiliki minat dan kesukaan pada satu hal yang spesifik, dan pasti kamu akan enjoy kalau melakukan sesuatu yang sangat disenangi itu. Nah, agar minat baca kamu timbul, pilihlah bahan bacaan tentang topik yang kamu suka dan menarik minat kamu.

Lama-kelamaan, kamu akan terbiasa untuk membaca, untuk menghibur diri atau mengisi waktu luang. Ini akan membuat rasa ‘haus’ dan penasaran kamu akan terus timbul sehingga minat kamu pada bahan bacaan akan semakin berkembang dengan sendirinya.

 

2. Pilih Waktu yang Tepat

Jangankan kamu yang nggak hobi membaca, orang yang hobi membaca dari lahir aja, kadang nggak mood untuk membaca di saat-saat tertentu. Jadi, penting banget untuk mengatur waktu yang tepat agar mood membaca kamu muncul!

Kamu bisa pilih waktu senggang, yang memang kamu benar-benar lagi nggak melakukan hal apa pun. Mau nggak mau fokus dan niat kamu akan tertuju pada bacaan yang sedang kamu baca. Kalau kamu memang masih pemula dan sangat ingin memupuk kebiasaan membaca, hindari untuk membaca di waktu yang ramai atau kondisi kamu lagi nggak tenang, yang ada kamu makin nggak mood buat membaca!

 

3. Menciptakan Suasana yang Nyaman

Suasana yang nyaman akan membuat kegiatan membaca kamu jauh lebih menyenangkan apalagi kalau kamu udah PW alias (Posisi Wuenak) hehe pasti nggak akan merasa bosan dan ngantuk deh!

Kalau kamu suka suasana yang tenang, cari tempat yang sepi seperti di kamar atau perpustakaan. Tapi kalau kamu suka di luar ruangan dan banyak orang, kamu bisa coba membaca di taman atau kafe sebagai reading spot kesukaan kamu.

Pokoknya se-nyamannya kamu deh, kalau udah nyaman susah move on biasanya, hihihi.

Baca juga: 6 Keuntungan Membaca Saat Dijadikan Kegiatan Utama

 

4. Baca Sambil Ngemil!

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Kamu pasti suka banget kan? Nah, cemilan bisa jadi ‘teman’ saat membaca lho!

Selain itu cemilan juga bisa membuat kamu tetap terhibur dan membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Tapi jangan lupa, untuk pilih cemilan yang sehat ya, jangan asal ngemil aja!

 

5. Cari Teman yang Suka Membaca

Agar semangat membaca kamu semakin membara, coba cari teman yang suka membaca. Teman yang suka membaca nggak cuma asik diajak membaca bareng, tapi juga pasti asik buat diajak diskusi bareng.

Interaksi inilah yang akan membuat kamu semakin terpacu untuk membaca lebih banyak buku dan bahan bacaan lainnya.

Serius deh, nggak ada hal yang paling menyenangkan selain bisa berbagi cerita dengan orang yang punya minat (membaca) yang sama dengan kamu.

 

So, dari sini kamu bisa melatih diri agar menjadi semakin terbiasa untuk membaca. Ingat ya! buku adalah jendela dunia, kamu bisa keliling dunia lewat buku lho! Jadi, sangat disayangkan kalau kamu nggak suka baca buku, karena kamu akan melewatkan banyak pelajaran berharga. Selamat membaca! ^_^

 

Baca juga: Tips Membaca dan Memahami Isi Buku dengan Cepat, Yuk Terapkan!

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

 

Related Article