Sedang melatih kemampuan TPA dan TIU mu? Jangan lupakan 3 hal ini

30 Jan 2019

Kamu sedang melatih kemampuan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar lulus SPMB PKN STAN? nah jangan lupa kan 3 hal ini agar Ujian TPA dan TIU mu sempurna.. Seperti yang kita tau pada ujian TPA (Test Potensi Akademik) dan TIU SKD (Test Intelegensi Umum Seleksi Kompetensi Dasar), materi ujian keduanya hampir sama, maka kamu bia mempelajarinya hanya dengan sekali waktu. Yuk simak..

 

1. Biasakan memahami makna suku kata

Biasanya sebuah kata terdiri dari gabungan beberapa kata atau imbuhan. Misalnya, makna dari kata “jurnal”, jurnalis, jurnalisme, jurnalistik. Secara bahasa, istilah, dan makna, nyaris tidak ada bedanya, tapi jika di telaah lebih dalam, praktek antara keduanya sangat berbeda. Kalo kamu tau salah satu dari kata atau imbuhan tersebut, itu akan membantumu buat menebak arti katanya.

Seperti kata Jurnalisme, Jurnal adalah catatan, dan isme adalah suatu paham atau ajaran. Dan jika Jurnalistik, memiliki perbedaan di “istik” dimana memiliki arti “hal ihwal” atau “yang berkaitan dengan..” yang lebih dimaknai pada suatu profesi atau pekerjaan. Nah walaupun dalam garis besarnya memiliki makna yang sama, tapi ternyata dalam proses pengaplikasiannya berbeda lho. Jangan sampai salah makna ya, hehe...

 

2. Gabungkan kata agar kamu dapat konteksnya

Jika tadi kita sudah memecah kata, sekarang waktunya menggabungkan kata agar kamu dapat konteksnya. Kamu pasti sering mendengar sebuah Frasa entah dimana, tapi kamu nggak benar-benar tau artinya. Seperti Hiraukan yang memiliki arti perduli, sering disalah maknakan.

Jika ada 2 kalimat yang berbeda, "jangan hirau kan kata ibu mu" atau "hiraukan kata ibu mu", mana yang lebih tepat? Jawaban yang benar adalah hiraukan kata ibu mu. Karena hirau memiliki arti perduli. Nah jangan sampai menyakiti hati orang lain karena salah memaknai sebuah kalimat ya sobat, nggak baik juga untuk SPMB mu lho.

 

3. Kembalikan ke makna bahasa asalnya

Beberapa kata dalam Bahasa Indonesia diserap dari bahasa asing. Kadang kita lebih tau arti kata dalam Bahasa asingnya ketimbang arti kata setelah diserap menjadi bahasa Indonesia, terutama kata yang berasal dari bahasa inggris.

Yaps, kalo dilihat sekilas, kata “adisi” terlihat sangat jarang dan asing digunakan dalam Bahasa sehari-hari. Coba kira-kira, berasal dari kata apa sih “adisi” itu? Kalau kamu jeli, “adisi” berasal dari kata “addition” atau bisa juga “additional”. Lihat suku kata “add” yang artinya tambah. Jadi jawaban yang tepat untuk memaknai adisi adalah tambah, jadi jangan terkecoh, dengan soal yang berasal dari bahasa asing ini ya..

 

Nah itu dia 3 hal yang dapat kamu pahami untuk melatih bahasa Indonesia dalam ujian TPA dan TIU. Kamu harus sering-sering berlatih memaknai kosa kata agar hasil ujian mu sempurna ya kawan.. Salah satu fara asyik untuk belajar yaitu kamu bisa memaknai kata dan kalimat lewat lagu, novel, dan film, agar kamu makin kaya akan kosa kata.

Jika kamu masih belum bisa memahami sendiri teknik bahasa Indonesia pada ujian TPA dan TIU SPMB PKN STAN, kamu bisa langsung ikut bimbel PKN STAN terbaik disini dengan pengajar yang berkompeten dan berpengalaman. "Aku mau ikut bimbel kak, tapi uang tabunganku belum cukup buat bayar bimbel.." Wah nggak usah khawatir karena disini kamu bisa mengikuti bimbel online hanya dengan Rp. 7.840,- / Pertemuan lho, lebih murah dari harga dum-dum kan? Mau tau informasinya lebih lanjut? Langsung klik bimbel online di www.ens-stan.com yuk.. Selamat belajar!

 

"Bahasa Indonesia itu sederhana kok. Bukankah kesederhanaan adalah wujud pencapaian tertinggi manusia?" -Sudjiwo Tedjo

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Ayu Desra Y

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019