ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Sering Gagal Fokus Saat Belajar? Lakukan 7 Hal Ini Agar Fokus Kamu Tetap Maksimal!

Published at 13 Feb 2019 11:24

Pasti kamu pernah ngerasain lagi belajar dengan lancar tiba-tiba jadi nge-blank, betul nggak? Bisa jadi kamu lagi gagal fokus tuh! Gagal Fokus memang sering terjadi pada saat belajar di kelas, bisa jadi karena kepikiran gebetan, mantan, bahkan karena lupa sarapan! Hehe.

Well, hal tersebut memang sangat nggak nyaman dan mengganggu konsentrasi otak, sehingga  belajar kamu jadi nggak maksimal deh. Tapi, kamu nggak usah khawatir! Cukup simak 7 hal berikut ini agar fokus kamu tetap maksimal.

1. Sarapan

 

(image: unsplash.com)

 

Sarapan merupakan hal penting untuk menjaga fokus kamu, lho! Jika kondisi perut kamu keroncongan, kamu akan sulit fokus pada pelajaran di kelas. Ujung-ujungnya otak menjadi blank! Nggak mau kan?! So, sebelum melakukan aktivitas jangan lupa untuk sarapan, ya!

 

2. Lari

(image: unsplash.com)

 

Tau nggak sih? Menurut penelitian  di ”University of South Carolina” lari mampu meningkatkan kekuatan otak kamu lho! Sehingga lari dapat mengatasi gagal fokus kamu! Nah kamu bisa coba tuh lari di pagi atau sore hari sesuaikan dengan waktu senggang kamu, asal jangan lari dari kenyataan, ya! Hehe.

 

3. Me-Time/Menyendiri

 

(image: unsplash.com)

 

Menurut penelitian dari Universitas Birkbeck, Dr Almuth McDowall. Me-Time memiliki manfaat dalam hal kesehatan psikologis.

Nggak hanya itu, Me-Time ternyata juga dapat membuat kamu melakukan pekerjaan-mu dengan baik. Jadi menyendiri itu nggak selamanya menyedihkan lho!

 

4. Fokus Pada Satu Hal

 

(image: unsplash.com)

 

Gagal fokus sering terjadi karena kamu nggak fokus pada satu pekerjaan, karena deadline tugas yang menumpuk seperti ‘gunung’ kamu seringkali melakukan multi-tasking.

Usut punya usut, sebenarnya hal tersebut nggak baik lho! Dengan melakukan multi-tasking kerja kamu menjadi nggak efektif dan nggak maksimal. Maka dari itu kamu harus fokus pada satu hal saja ya!

 

5. Kurangi Bermain Smartphone

 

(image: unsplash.com)

 

Saat ini, kamu pasti susah untuk melepaskan smartphone-mu, betul kan?! Smartphone memang sangat bermanfaat tetapi jika nggak digunakan secara berlebihan ya! 

Menurut seorang psikolog dari University of Virginia yakni Dr Kostadin Kushlev, mengatakan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan dapat membuat diri kamu menjadi gagal fokus. Ngeri kan?

So, mulai dari sekarang kamu harus mengurangi bermain smartphone nih, nggak hanya saat sedang melakukan aktivitas tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, ya!

 

6. Mendengarkan Musik Klasik

 

(image: unsplash.com)

 

Siapa yang nggak suka musik? Semua pasti suka musik, kan?!

Nah, ternyata mendengarkan musik itu dapat mengembalikan fokus kamu, lho! Tetapi hanya musik tertentu saja nih, salah satunya musik klasik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland School of Medicine, seorang peneliti bernama Michael Miller mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 30 menit dapat membantu melepas hormon endorphin kamu lho! Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stress dari diri kamu.

 

7. Air Putih

 

(image: unsplash.com)

 

Kamu tau nggak sih? Peranan air bagi tubuh itu sangat penting. Sekitar 45-75% dari tubuh seseorang itu adalah air. Maka minum air 8 gelas dalam sehari itu sangat penting ya! Jika kamu kurang minum air putih, tubuh kamu akan menimbulkan efek dehidrasi. Perlu kamu ingat nih, dehidrasi dapat membuat otak kamu menjadi nge-blank dan linglung! So, jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari ya!

 

Nah, itulah 7 hal yang dapat kamu lakukan saat kamu gagal fokus! selamat mencoba tips-tips di atas ya! Semoga membantu!

 

 

Penulis: Sarah Farhana

 

 

Related Article