ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Simak Syarat Ketentuan Nilai Rapor Masuk IPDN, Capraja Wajib Tau!

Published at 20 Dec 2021 16:09

Syarat Ketentuan Nilai Rapor Masuk IPDN

Halo, G-ENS!

Bagi kamu yang tertarik menjadi Praja di IPDN, kira-kira udah pada punya persiapan belum nih? 

Jika belum, persiapkan dari sekarang yuk G-ENS!

Jangan lupa juga untuk mengecek nilai rata-rata rapor kamu, karena nilai rapor menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar sekolah kedinasan!

Nah, Minens akan memberikan informasi yang sangat penting untuk kamu, seputar nilai rata-rata rapor untuk menjadi Praja di IPDN. Simak penjelasan berikut ini ya!

Insititut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang biasa disebut IPDN merupakan Sekolah Kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nah, IPDN ini juga salah satu sekolah kedinasan yang akan membuka pendaftaran pada tahun 2022.


Saat tahun 2021 IPDN membuka kuota pendaftar sebanyak 1.164 orang. Untuk tahun 2022 nanti kemungkinan kuota akan bertambah atau berkurang ya G-ENS.



Kamu harus tau juga nih G-ENS, bahwa tujuan dari pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN adalah untuk menjaring calon Praja IPDN yang berkualitas dalam hal mempunyai dasar pengetahuan dan keterampilan yang memadai, kemampuan psikologis diri yang dapat berkembang secara potensial, kesehatan diri yang prima, kemampuan berkomunikasi yang efektif, integritas dan kejujuran diri yang terpercaya, serta kesiapan untuk bekerja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Bagi kamu lulusan tahun 2021 atau yang akan lulus tahun 2022 pada satuan SMA/MA/Paket C yang berminat untuk melanjutkan studi di Sekolah Kedinasan IPDN, kamu harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan ya!

Note: Dalam melengkapi persyaratan pendaftaran jangan menggunakan data yang tidak benar, karena panitia akan mendiskualifikasi kamu apabila diketahui persyartan pendaftaran menggunakan data yang tidak benar.

Pada persyaratan pendaftaran Praja IPDN, tiap tahunnya pasti ada persyaratan administrasi berupa Nilai rata-rata pada rapor. Maka dari itu nilai rapor tersebut harus kamu perhatikan agar dapat lolos seleksi administrasi. Berikut adalah persyaratan nilai rata-rata rapor yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi Praja IPDN.

Persyaratan Lulusan dan Nilai pada pendaftaran IPDN berdasarkan tahun 2021:

  • Lulusan SMA/MA/Paket C
  • Berijazah paling rendah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan Tahun 2020 sampai dengan 2022.
  • Memiliki nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol) untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah.
  • Memiliki nilai rata-rata Ijazah bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00 untuk Nilai Rata-rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah.

Nah itulah nilai rata-rata rapor yang kamu perlukan jika ingin menjadi Praja di IPDN, sebaiknya dipersiapkan dari semester satu ya nilai rapor nya, lebih baiknya lagi di setiap semesternya progresnya naik ya G-ENS! Semangat Para Pejuang IPDN!

 

Penulis : Lafa Zidan

Sumber:

https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/10/140000871/tertarik-masuk-ipdn-simak-alur-dan-syarat-pendaftarannya?page=all

https://www.kedinasan.info/2018/12/persyaratan-dan-tata-cara-pendafaran.html

Related Article