ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Simak Tahapan Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan 2021!

Published at 24 Sep 2021 14:59

Tahapan Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan 2021

Halo, G-ENS

Apa Kabar?

Nggak terasa ya udah mau 2022 aja, alias sebentar lagi menuju tahun ajaran baru nih! 

Nah, untuk kamu yang mau masuk ke Sekolah Kedinasan, kira-kira udah pada tau tahapan seleksinya belum? Jika belum tau, tenang G-ENS enggak usah panik ya! Minens akan membagikan informasi seputar tahapan seleksi yang akan kamu hadapi nanti, jika kamu ingin masuk sekolah kedinasan.

Yuk simak penjelasan berikut ini ya G-ENS!

Setiap tahunnya pasti ada aja, siswa kelas 12 SMA/SMK yang berminat melanjutkan kuliah ke Sekolah Kedinasan! Salah satu iming-iming yang akan membuat kamu tergiur adalah tawaran yang akan didapatkan jika kamu kuliah di Sekolah Kedinasan. Enak nya kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan kamu akan mendapatkan kuliah gratis/tidak membayar uang sepeserpun dan yang lebih enaknya lagi setelah kamu lulus akan langsung mendapatkan pekerjaan.

Namun sebelum kamu menjadi mahasiswa di sekolah kedinasan kamu harus mengikuti seleksi terlebih Dahulu. Jadi jangan terlalu banyak berkhayal dulu ya! Tes kedinasan itu terdiri dari beberapa tahapan. Jika sampai kamu gagal pada satu tahapan, kamu enggak bisa lanjut mengikuti seleksi selanjutnya.


Sebelum kamu mengikuti seleksi, ada beberapa berkas yang harus kamu siapkan.

Berkas yang Harus Disiapkan

  1. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) bagi peserta berusia di bawah 17 tahun.
  3. Pas foto berwarna merah.
  4. Rapor SMA/Sederajat.
  5. Ijazah SMA/SMK/MA atau Surat Penyetaraan Ijazah bagi lulusan luar negeri. Jika belum menerima Ijazah bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus.

Jika kamu sudah menyiapkan semua berkas yang dibutuh kan, selanjutnya kamu harus daftar terlebih dahulu

 

Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran sekolah kedinasan, simak penjelasan berikut ini:

  • Calon Taruna Taruni wajib membuat akun SSCN dengan NIK di laman https://dikdin-daftar.bkn.go.id/akun.
  • Log in ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah dibuat.
  • Unggah swafoto, pilih sekolah kedinasan yang dituju, dan lengkapi data yang diminta. Setiap peserta hanya bisa memilih 1 (satu) sekolah kedinasan.
  • Cek kembali apakah data sudah terisi dengan benar. Kemudian klik tombol Akhiri Pendaftaran agar data tersebut diverifikasi oleh sistem.
  • Apabila data peserta berhasil diverifikasi, peserta dapat membayar ujian seleksi.
  • Setelah pembayaran diterima, peserta dapat mengunduh Kartu Ujian. Kartu ini wajib dibawa saat tes berlangsung.


Setelah kamu sudah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dan sudah mendaftarkan diri. Kamu akan menghadapi berbagai seleksi untuk masuk sekolah kedinasan, yaitu:

1. Seleksi Administrasi

Sebelum mengikuti tes kedinasan, kamu harus mengikuti seleksi administrasi dalu. Pada seleksi 2021 yang baru saja berlalu, para peserta tes kedinasan mengikuti seleksi administrasi bersamaan dengan saat mendaftar pada laman SSCASN.

Salah satu tips lulus seleksi administrasi adalah rajin memeriksa jadwal pendaftaran. Semakin awal kamu mengetahui persyaratan dokumennya, semakin banyak waktu untuk menyiapkan berkas-berkas yang belum lengkap.

 

2. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi Kompetensi Dasar di ibaratkan seperti UTBK di SBMPTN. Tes kedinasan yang juga digunakan untuk seleksi CPNS ini terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Nilai ambang batas tes kedinasan 2021 untuk TWK tercatat 65, dengan jumlah soal tes sekolah kedinasan 30 butir. Sedangkan untuk TIU, nilai ambang batas mencapai 80 dengan jumlah soal tes sekolah kedinasan 35 butir. Untuk TKP nilai ambang batas yaitu 156 dan jumlah soal tes sekolah kedinasan 45 butir.

 

3. Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi Kompetensi Bidang yang biasa juga disebut Tes Potensi Akademik (TPA). Tes kedinasan ini mengukur kemampuan kamu di bidang bahasa, numerik, logika, maupun spasial. Namun biasanya TPA antar Sekolah Kedinasan tidak sama karena tes kedinasan yang satu ini benar-benar menguji kemampuan kita pada bidang dan formasi masing-masing.

Misalnya, kamu ingin mendaftar di IPDN dan teman kamu yang mendaftar di STIS bisa jadi akan menghadapi SKB yang berbeda. Tes kedinasan untuk Analis Kepegawaian, misalnya, disusun oleh BKN sebagai instansi pembina jabatan fungsional Analis Kepegawaian.

Tapi enggak semua Sekolah Kedinasan menerapkan SKB loh G-ENS! Pada tes kedinasan 2020, misalnya, STIS dan Poltek SSN mengujikan tes kedinasan ini. Jadi, pastikan dulu apakah Sekolah Kedinasan incaran kamu akan mengujikan SKB.

 

4. Tes Kesamaptaan

Tes kesamaptaan akan berbeda pada tiap Sekolah Kedinasan. Tes kesamaptaan, misalnya, biasanya ditemui di Poltek SSN, Poltekip, Poltekim, STIN, 18 Politeknik/Sekolah Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan, STIS, dan IPDN.

Tips masuk STIS dan Sekolah Kedinasan yang lain pada tahap tes kesamaptaan. Kamu harus menjaga kesehatan jauh-jauh hari sebelum mendaftar ke Sekolah Kedinasan. Olahraga yang teratur, konsumsi makanan sehat, tidak merokok, tidak menggunakan narkoba adalah beberapa tips yang sudah bisa kita kerjakan sejak sekarang.

 

5. Tes Wawancara dan Psikotes

Inilah Tes terakhir yang akan kamu hadapi di tes sekolah kedinasan. Tes ini biasanya dijumpai di STIN, 18 Politeknik/Sekolah Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan, Poltekip, dan Poltekim.

Sedangkan untuk trik menghadapi tes wawancara secara umum, kamu harus banyak berlatih. Misalnya, kamu bisa meminta bantuan orang lain melakukan simulasi wawancara. 

 

Nah itulah G-ENS, seleksi yang akan kamu hadapi jika ingin masuk ke sekolah kedinasan.

Cukup banyak ya seleksi yang akan dihadapi. Ada sedikit tips dari minens untuk kamu nih G-ens! Sebelum kamu mengikuti tes seleksi lebih baik kamu harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, jangan lupa berdoa untuk kelancaran seleksi, harus rajin belajar, dan jangan lupa selalu mencari informasi seputar sekolah kedinasan agar kamu tidak ketinggalan informasi.

Semangat Para Pejuang Sekolah Kedinasan!

Baca juga: 



Penulis: Lafa Zidan

Sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/05/18124341/ingin-masuk-sekolah-kedinasan-kenali-dulu-5-jenis-tes-masuk-sekolah-kedinasan?page=all

https://www.pendaftaranonline.web.id/2017/03/tahapan-seleksi-sekolah-ikatan-dinas.html

Related Article