3 Prinsip Hidup Sehat untuk Pelajar. Patut Kamu Coba!

04 Dec 2018

Berapa persen kamu memikirkan kesehatan saat jajan di kantin sekolah? Atau makan di luar saat hangout sama temen-temen. Pasti nggak kepikirankan? Hayo ngaku?

Mungkin kamu hanya berpikir yang penting enak, ramah di kantong dan mengenyangkan. Dan kebanyakan anak muda berpikir “masih muda, masih sehat kok”, “mumpung masih muda harus puas-puasin makan enak”, atau cuma buat sekedar mengikuti tren makanan kekinian.

Padahal kesehatan itu penting untuk semua kalangan dan segala rentan usia karena penyakit juga nggak akan pilih-pilih siapa. Jadi kamu mesti memperhatikan kesehatan kamu agar tetap fit dan bisa menjalankan segala aktivitas dengan maksimal.

 

1. Mengatur Asupan dan Pola Makan

(image:kesehatan.inindonesia.org)

Seberapa sering kamu memerhatikan diri soal asupan makan yang dikonsumsi setiap harinya? yang penting setiap harinya kamu jangan pernah melewatkan sarapan sebelum ke sekolah. Dengan sarapan konsentrasi belajarmu meningkat dan kamu tak mudah lemas saat di sekolah.

Makanlah secara teratur dan dalam porsi yang cukup. Jangan makan besar tapi hanya sekali dengan alasan ingin menurunkan berat badan. Padahal itu adalah cara yang salah, karena sistem pencernaan kau nggak akan berjalan dengan baik.

Perhatikan juga komposisi makanan kamu, usahakan untuk menghindari makanan tinggi kalori dan tinggi lemak karena makanan tersebut akan membuat badan kamu menjadi cepat lesu.

Variasikanlah menu makanan kamu, tubuh kamu sangat perlu berbagai nutrisi dari buah, sayur, daging, susu dan beragam sumber protein. Apa lagi kamu sedang dalam pertumbuhan memenuhi kebutuhan nutrisi sangat penting untuk keoptimalan tumbuh kembang kamu.

 

2. Olahraga

(image:lifestyle.kompas.com)

Malas berolahraga karena nggak ada waktu, alasan paling klise untuk menjadi sehat. Tapi memang benar dan terbukti kok karena dengan olahraga teratur akan meningkatkan kualitas kesehatan kamu.

Olahraga membuat kamu selalu merasa fit, lebih fresh saat belajar, nggak gampang lesu dan nggak gampang ngantuk kalau lagi di sekolah. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kinerja otak dan memperbaiki mood kamu jadi kamu bisa lebih semangat dan nyaman saat belajar.

Kalau kamu males untuk keluar rumah atau nggak ada temen buat olahraga di luar. Kamu bisa kok olahraga di rumah aja, bisa liat dari youtube berbagai jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, banyak kok! Jadi nggak ada alasan untuk nggak olahraga ya!

 

3. Istirahat yang cukup

(image:id.wikihow.com)

Walaupun kamu punya tugas yang menggunung dan nggak ada beres-beresnya tapi tetap kamu harus punya waktu yang cukup untuk istirahat.

Kamu harus bisa mengusahakan untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan rumah kamu sebelum larut malam sehingga kamu nggak perlu begadang dan kamu bisa tidur lebih awal.

Baca juga: Ternyata Ada 5 Manfaat Tidur untuk Kebaikan Kinerja Otak-mu

Kalau kamu punya waktu tidur yang cukup pasti besok paginya kamu bangun dengan keadaan yang bugar dan siap untuk beraktivitas. Selain itu tidur yang cukup juga akan membuat organ-organ badan kamu termasuk otak akan meregenerasi sel-sel yang rusak, jadi kamu bisa tetap sehat dan cerdas.

 

Sederhanakan prinsip pola hidup sehat yang harus kamu lakukan! Bisa langsung dipraktekin. Nggak susah juga kok, yang susah itu ketika kamu sudah sakit baru dan ketinggalan pelajaran, tugas keteteran, ada jadwal ujian lagi, gimana tuh?

Mulai sekarang jaga kesehatan ya!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019