ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Wajib tahu, rahasia sukses siswa berprestasi

Published at 24 Oct 2018 16:03

Penasaran gak sih, apa yang membedakan seseorang yang berprestasi dengan orang biasa? Selain dari kegigihan belajarnya, ada lagi loh kebiasaan-kebiasaan yang mereka terapkan sehari-hari. Kamu mau jadi orang berprestasi juga? Yuk intip rahasia suksesnya.

 

1. Kebiasaan

Salah satu hal yang paling penting diterapkan didalam kehidupan siswa berprestasi terdiri atas tiga prinsip. Yaitu memiliki manajemen waktu yang baik, memiliki target yang jelas dan tidur cukup.

Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, siswa berprestasi dapat mengukur tingkat kesanggupan dirinya didalam belajar. Sehingga, ia dapat menentukan waktu istirahat yang tepat. Manajemen waktu yang baik ini juga mempermudah pembuatan target belajar yang ingin dicapai.

Namun, ketiganya tidak mungkin dapat terlaksana jika dilakukan sesekali saja. Oleh karena itu, ketiga aspek tersebut harus dijadikan sebagai kebiasaan agar terbiasa.

 

2. Perilaku

Perilaku siswa berprestasi yaitu meiliki catatan dan meja belajar yang tersusun rapi dan sistematis. Selain oitu, ia juga memiliki teknik belajar yang sesuai dengan dirinya, sehingga kegiatan belajar akan menjadi lebih efektif. Siswa yang sukses juga akan membuat meja belajarnya menjadi lebih produktif. So, gak ada lagi deh ngantuk saat belajar.

 

3. Kesehatan

Siswa berprestasi akan menjaga dirinya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tetap berolahraga secara rutin. Selain itu, mereka juga menghindari tekanan dalam belajar sehingga dapat meminimalisir stress. Salah satu upaya menghindari stress ini adalah dengan mencari aktifitas yang disukai, disela kegiatan belajarnya.

 

4. Hal lainnya

Hal lainnya yang sering dilakukan oleh orang sukses adalah, mereka selalu mencatat segala materi dikelas. Ia juga selalu berpakaian rapi dan belajar dikelas secara serius. SElain itu, siswa yang sukses juga tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Mereka lebih memilih untuk mempersiapkan diri menghadapi esok hari dengan memetakan tujuan dan mimpinya dikemudian hari.

 

Oleh: 

Fathia Yasmine

Related Article