ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

4 Cara Ini Dapat Membantu Kamu Beradaptasi di Lingkungan Kampus Lho!

Published at 23 Feb 2019 12:31

Untuk sebagian orang pasti susah banget buat beradaptasi di lingkungan yang bukan teritorialnya, termasuk kamu. Biasanya kamu nggak suka yang namanya keluar dari zona nyaman. Betul ‘kan?

Stay di zona nyaman memang enak banget, tapi nggak boleh terlalu lama juga. Semakin dewasa kamu harus mengeksplor hal-hal baru, misalnya mengeksplor lingkungan kampus yang akan kamu tuju.

Biasanya kalau baru masuk ke dunia perkuliahan, kamu harus beradaptasi dengan lingkungannya dan teman-temannya. Tetapi untuk sebagian orang, sulit banget untuk beradaptasi di lingkungan baru.

“Iya kak, bener. Gimana ya caranya?” Coba kamu simak cara-caranya di bawah ini yuk!

 

1. Open Your HEART, Open Your EYES, Open Your MIND!

Kalau kamu mau beradaptasi di lingkungan baru, penting lho untuk membuka hati, mata dan pikiran kamu. Kalau kamu menutup diri kamu, gimana bisa orang-orang mendekati kamu?

Tapi kamu juga nggak harus selalu menunggu teman-teman yang akan datang ke kamu lho! kamu bisa mulai menyapa dan mendekati mereka terlebih dahulu. Intinya kamu harus OPEN! Hehehe.

 

2. Jangan Malu Untuk Bertanya!

Biasanya kalau baru masuk ke kampus baru, kamu pasti buta banget ‘kan sama seluk beluk yang ada di kampus tersebut? Wajar kok kalau kamu masih nggak paham, yang nggak boleh itu kalau kamu nggak tau tapi kamu nggak mau bertanya karena malu.

Nggak ada salahnya kok untuk bertanya. Justru kalau kamu banyak bertanya kamu akan tau hal-hal yang kamu butuhkan. Kamu bisa bertanya sama senior, atau warga-warga kampus kamu. Kalau kamu udah tau segalanya yang ada di kampus kamu, siapa tau kamu bisa mendapatkan julukan Mrs/Mr. Know It All hehehe.

 

3. Searching Informasi Tentang Kampus

Searching itu wajib! Biasanya kalau mau masuk ke kampus baru, kamu harus banyak-banyak searching ya!

Coba searching apapun yang kamu butuhkan, mulai dari fakultas-fakultas, sejarah kampus, hingga lifestyle yang ada di kampus kamu.  

Kamu bisa searching informasi tentang kampus kamu di platform search engine atau media sosial. Kalau kamu sudah mengerti seluk beluk lingkungannya, nantinya kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi.

 

4. Ikut Masa Orientasi Mahasiswa/Masa Bimbingan

Mungkin kamu males banget ikut-ikutan kegiatan ospek alias masa orientasi mahasiswa baru. Memang ospek itu terlihat capek dan cukup menguras emosi, tapi kalau kamu ikut kegiatan tersebut kamu nggak akan sia-sia kok!

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat kalau kamu ikut kegiatan ospek, kamu bisa mendapatkan teman-teman baru, kamu akan mengenal senior-senior, dan dosen-dosen di lingkungan kampus kamu. Ngebantu banget ‘kan?

 

Itulah 4 tips-tips yang bisa kamu lakukan saat masuk ke dunia perkuliahan nanti. Semoga membantu! Kalau kamu punya tips lain, jangan lupa komen di kolom komentar ya! ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

 

Baca juga:

5 tipe orang yang mungkin akan kamu temui di kampus!

Mahasiswa PKN-STAN Mesti Kenal Semua Lini Kampus

Kuasai 4 Kemampuan Interpersonal Ini, Agar Mudah Bersosialisasi di Kampus!

Related Article