Blog

ANAK MUDA

Jangan Terlalu Berharap Lebih! Realita Dunia Kuliah Nggak Akan Selalu Sesuai Dengan Ekspektasi Kamu!

Published at 23 Feb 2019 12:53

Mendekati hari menjadi mahasiswa sesungguhnya, pasti udah mulai kebayang deh, bagaimana serunya hari-hari kamu selama di dunia kuliah nanti. You can’t just wait to be an awesome college student. Mulai dari serunya ketemu temen-temen baru, serunya mempelajari mata kuliah yang bikin kamu penasaran “kaya apa sih, materinya?”, sampai serunya ikutan organisasi dan kepanitiaan.

Di balik itu semua mungkin aja ada kemungkinan kalau ekspektasi kamu nggak akan sesuai dengan realita. Sampai hal yang kelihatannya sepele aja bisa lho bikin kamu jadi nggak semangat untuk menjalani hari-hari sebagai mahasiswa.

Apa aja sih, ekspektasi standar calon maba terhadap dunia kuliah yang nggak akan selalu sesuai dengan realitanya nanti?! Simak di bawah ini nih!

 

1. Ekspektasi :

Cari teman di kampus itu susah, soalnya banyak teman-teman kuliah yang latar belakangnya beragam, bahkan beda banget sama kamu.

Realita :

Nggak sama sekali!

Awalnya mungkin kamu akan merasa asing dan kewalahan di lingkungan kampus yang memang berbeda 180 derajat dibandingkan lingkungan sekolah, dan sangat wajar kalau kamu merasakan itu.

Tapi bukan satu hal yang mustahil juga, kamu bisa mendapatkan teman baik dalam waktu dekat di lingkungan kampus. Even, it took a lot of trail and error you can find your real friend. Dan itu hal yang sangat normal kok. Asalkan ada sikap toleransi yang kuat, dijamin kamu nggak akan kesulitan mendapatkan teman.

Intinya jangan takut dengan perbedaan. Semakin luas jaringan pertemanan yang bisa kamu bangun, maka akan semakin lancar juga kehidupan kamu di dunia kuliah!

 

2. Ekspektasi :

Dosen selalu identik dengan image yang kaku dan galak!

Realita :

Nggak semua dosen itu kaku, galak, atau males ngajar. It’s true, in some way.

Galak atau nggaknya seorang dosen itu relatif kok, penting bagi kamu untuk make sure memahami peraturan kampus atau peraturan apa pun yang diberlakukan oleh dosen kamu, ada juga sih dosen yang lebih “keras” dengan para mahasiswanya dalam hal aturan tertentu.

Lagian nggak ada kok dosen yang tega semena-mena marahin kamu kalau kamu nggak melanggar aturan apa pun.

 

3. Ekspektasi :

Kuliah itu banyak nyantainya. Saking nyantainya kamu bisa dapat satu mata kuliah dalam satu hari.

Realita :

Belum aja dikasih tugas yang bertubi-tubi sama dosen, hehehe. Belum juga kamu kenal sama yang namanya praktikum, jadwal kamu bisa nambah jadi dua kali lipat lho! Hihihi. Bukan nakut-nakutin ya, tapi biar jadi gambaran aja buat kamu.

Dunia kuliah itu bisa diibaratkan sebagai a whole new world untuk para maba yang hadir di muka bumi ini untuk dieksplorasi sebaik-baiknya. Memang benar jadwal kuliah itu nggak sepadat jadwal pelajaran semasa sekolah, tapi bukan berarti waktu luangnya bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan yang un-faedah! Nggak ada ceritanya kuliah nyantai di kamus anak muda sukses.

 

So, don’t hope too much with your expectation! Setiap hal itu ada plus minus          nya, jadi kamu harus pintar-pintar “membawa diri” ya! Semangat!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

 

Baca juga: Merasa Dimanfaatkan Teman? STOP dengan 5 Cara Ini!

Related Article